Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Jelaskan Bagaimana Mereka Akan Bayar Utang Negara

Kompas.com - 30/05/2022, 20:29 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com - Pemerintah Rusia menjelaskan bagaimana mereka akan membayar utang negara.

Menteri Keuangan Anton Siluanov, menyebut skema yang mirip dengan yang digunakan Rusia untuk mendapatkan pembayaran asing untuk gas alamnya akan digunakan untuk membayar utang negara.

Dengan sistem ini, debitur alhasil perlu membuka dua rekening di bank Rusia yang ditunjuk untuk mendapatkan apa yang menjadi hak mereka.

Baca juga: Rusia dan China Gelar Patroli Udara Bersama di Kawasan Asia-Pasifik

Rusia telah lama menggunakan sistem keuangan yang dikendalikan Barat untuk pembayaran yang terkait dengan utangnya, tetapi akses telah dibatasi di bawah sanksi yang dikenakan sebagai pembalasan atas serangan Februari di Ukraina.

AS sebelumnya mengizinkan pembayaran kepada pemegang Eurobond Rusia -pertama menggunakan cadangan devisa beku dan kemudian hasil dari perdagangan luar negeri-, tetapi minggu lalu Departemen Keuangan AS mengumumkan bahwa pengabaian tidak akan diperpanjang.

Berbicara kepada Harian bisnis Rusia, Vedomosti, Minggu (30/5/2022), Siluanovmengatakan, bahwa Rusia bermaksud untuk menggunakan skema yang mirip dengan yang diperkenalkan untuk pembeli gas alamnya, yang berbasis di "negara-negara yang tidak bersahabat" untuk menghindari larangan AS.

Kementerian sebelumnya mengatakan utang itu akan dibayar dalam rubel.

Baca juga: Setelah Dikuasai Rusia, Kota Kherson di Ukraina Kenalkan Rubel Jadi Mata Uang Resmi

Skema gas, yang diluncurkan untuk memastikan bahwa pembayaran dalam mata uang asing tidak disita oleh negara-negara Barat, mengharuskan pelanggan dari negara-negara "tidak ramah" membuka dua rekening di bank Rusia.

Pembayaran dilakukan dalam euro kemudian dikonversi ke mata uang Rusia.

“Mekanisme pembayaran obligasi euro akan bekerja dengan cara yang sama, tetapi sebaliknya,” kata Siluanov.

Dia menambahkan, Kementerian Keuangan Rusia akan segera menyelesaikan pengaturan dan akan siap untuk menyerahkannya kepada pemegang utang.

Menteri sebelumnya menyampaikan, Rusia akan memiliki mekanisme yang siap untuk membayar kupon eurobond pada akhir Juli.

Pembatasan AS sendiri dianggap untuk mencegah Rusia memenuhi utang negaranya, yang berpotensi mengakibatkan default teknis.

Tetapi, para pejabat AS mengakui bahwa itu akan lebih merupakan pukulan simbolis terhadap Rusia yang menunjukkan status negara itu sebagai paria di panggung dunia.

“Jika Rusia [default], saya tidak berpikir itu benar-benar mewakili perubahan signifikan dalam situasi Rusia. Mereka sudah terputus dari pasar modal global,” kata Menteri Keuangan AS Janet Yellen, diberitakan Russia Today (RT).

Baca juga: Putin Minta Negara Tak Bersahabat Membayar Gas Rusia dalam Rubel, Apa Alasannya?

Dia menambahkan pengecualian yang sekarang sudah kadaluwarsa ada untuk memungkinkan periode waktu agar transisi yang teratur terjadi, dan bagi investor untuk dapat menjual sekuritas.

Rusia juga meremehkan ancaman tersebut, dengan mengatakan bahwa pembayaran yang terlewat atas utang negara yang diatur oleh AS tidak mencerminkan keadaan keuangan Rusia yang sebenarnya.

Kementerian Keuangan Rusia menjelaskan, berbeda dengan default menyakitkan pada utang dalam negeri pada 1998, untuk kejadian kali ini tidak akan memengaruhi situasi domestik di dalam negeri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com