Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Insiden Kekerasan Baru Terjadi di Yerusalem, 20 Warga Israel dan Palestina Terluka

Kompas.com - 17/04/2022, 22:32 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber AFP

YERUSALEM, KOMPAS.com - Lebih dari 20 warga Israel dan Palestina terluka pada Minggu (17/4/2022) dalam beberapa insiden kekerasan di dalam dan sekitar kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem, dua hari setelah kekerasan besar di lokasi tersebut.

Bentrokan terbaru membuat jumlah korban luka sejak Jumat menjadi lebih dari 170, dalam ketegangan yang terjadi ketika hari Paskah Kristan dan Yahudi bertepatan dengan bulan Ramadhan.

Baca juga: Rusia Tuding Israel Gunakan Invasi Ukraina sebagai “Pengalihan Isu” dari Masalah Palestina

Insiden ini juga merupakan lanjutan insiden kekerasan mematikan di Israel dan Tepi Barat yang diduduki sejak akhir Maret dan awal bulan ini, yang telah menewaskan 36 orang.

Pada Minggu (17/4/2022) pagi, "ratusan" demonstran Palestina di dalam kompleks masjid mulai mengumpulkan tumpukan batu, tak lama sebelum kedatangan pengunjung Yahudi, kata polisi sebagaimana dilansir AFP.

Orang-orang Yahudi diizinkan untuk berkunjung, tetapi tidak untuk berdoa di situs tersebut, yang juga dikenal sebagai Temple Mount, tempat tersuci bagi Yahudi dan situs tersuci ketiga dalam Islam.

Polisi mengatakan pasukannya telah memasuki kompleks untuk "mengusir" para demonstran dan "menegakkan kembali ketertiban".

Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan 19 warga Palestina terluka, termasuk sedikitnya lima orang yang dirawat di rumah sakit. Dikatakan beberapa terluka karena peluru baja berlapis karet.

Baca juga: Polisi Israel Kembali Masuki Kompleks Masjid Al-Aqsa, Tangkap Warga Palestina

Sebuah tim AFP di dekat pintu masuk kompleks Minggu (17/4/2022) pagi melihat para jemaah Yahudi bertelanjang kaki meninggalkan tempat itu, dilindungi oleh polisi bersenjata lengkap.

Di luar Kota Tua, di Yerusalem Timur yang dicaplok Israel, pemuda Palestina melemparkan batu ke arah bus yang lewat. Tujuh orang dirawat karena luka ringan di rumah sakit Shaare Zedek akibat insiden itu, kata fasilitas medis negara.

Video yang dirilis oleh polisi menunjukkan dua bus Israel, dengan kaca depan dan jendela pecah melaju di jalan dekat Kota Tua, ketika para pemuda menghujani mereka dengan batu.

Polisi mengatakan mereka telah menangkap 18 warga Palestina.

Baca juga: Indonesia Kecam Aksi Kekerasan Pasukan Israel terhadap Warga Palestina di Masjid Al-Aqsa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com