Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Serang Al-Aqsa: Masuki Masjid, Tembak dan Lukai Puluhan Orang

Kompas.com - 16/04/2022, 11:45 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

YERUSALEM, KOMPAS.com - Pasukan Israel serang Al Aqsa pada Jumat (15/4/2022) pagi, menyerang jemaah Palestina dan melukai serta menangkap puluhan orang.

Kondisi masjid Al Aqsa terkini, puluhan jemaah terluka akibat tembakan peluru baja berlapis karet, gas air mata, dan granat kejut oleh pasukan Israel di halaman dan aula masjid.

Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan, 152 orang dievakuasi dari masjid Al Aqsa dan dipindahkan ke rumah sakit terdekat. Banyak di antara korban yang mengalami luka di tubuh bagian atas.

Baca juga: 152 Warga Palestina Luka akibat Bentrokan di Masjid Al-Aqsa

Rumah sakit Al Makassed di Yerusalem Timur berujar, mereka menerima 40 orang terluka dari Al Aqsa yang dua di antaranya dengan luka kritis.

Sementara itu dilaporkan Middle East Eye, sedikitnya 400 orang ditangkap.

Menurut imam masjid Al Aqsa Shiekh Ekrima Sabri, tujuan Israel serang masjid Al Aqsa adalah membuka jalan bagi pemukim Israel untuk masuk ke kompleks masjid selama liburan Paskah yang dimulai Jumat malam.

Pasukan keamanan Israel bersiaga saat bentrok dengan demonstran Palestina di kompleks Masjid Al Aqsa di Kota Tua Yerusalem, Jumat (15/4/2022). Pasukan keamanan Israel memasuki kompleks masjid Al-Aqsha di Yerusalem sebelum fajar pada Jumat ketika ribuan warga Palestina berkumpul untuk shalat.AP PHOTO/MAHMOUD ILLEAN Pasukan keamanan Israel bersiaga saat bentrok dengan demonstran Palestina di kompleks Masjid Al Aqsa di Kota Tua Yerusalem, Jumat (15/4/2022). Pasukan keamanan Israel memasuki kompleks masjid Al-Aqsha di Yerusalem sebelum fajar pada Jumat ketika ribuan warga Palestina berkumpul untuk shalat.
"Apa yang terjadi hari ini adalah serangan terencana dan diatur setelah mobilisasi pasukan pendudukan untuk menekan para jemaah yang tak berdaya," kata Sabri kepada Middle East Eye.

Imam berusia 82 tahun itu menambahkan, aktivis sayap kanan Israel berencana menyembelih hewan di masjid Al Aqsa sebagai bagian dari ritual agama.

Menurut Middle East Eye, penyembelihan seperti itu belum pernah terjadi sebelumnya di dalam Al Aqsa, situs tersuci ketiga dalam Islam.

"Liburan (Paskah) akan berlangsung selama seminggu dan oleh karena itu kemungkinan mereka akan mencoba menyerang lagi," lanjut Sabri memprediksi sampai kapan pasukan Israel serang Al Aqsa.

Baca juga: Masjid Al-Aqsa: Letak, Sejarah, dan Kisah Mukjizat Nabi Muhammad SAW

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com