Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Astronot China Akhirnya Pulang ke Bumi Setelah Misi 6 Bulan, Bawa "Oleh-oleh"?

Kompas.com - 16/04/2022, 18:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber AFP

BEIJING, KOMPAS.com - Tiga astronot China mendarat di China utara pada Sabtu (16/4/2022) setelah 183 hari atau sekitar 6 bulan berada di luar angkasa.

Penyiar TV negara CCTV menyebut, hal mengakhiri misi luar angkasa berawak terpanjang di negara itu.

Dilansir AFP, pesawat ruang angkasa Shenzhou-13 adalah misi terbaru dalam upaya China menjadi kekuatan luar angkasa utama yang bisa menyaingi AS, pasca-mendaratkan penjelajah di Mars dan mengirim wahana ke Bulan.

Baca juga: Astronot China Rayakan Tahun Baru Imlek 2022 di Luar Angkasa

Astronot yang terdiri dari dua pria dan satu wanita, Zhai Zhigang, Ye Guangfu dan Wang Yaping, mendarat di sebuah kapsul kecil sesaat sebelum pukul 10 pagi waktu Beijing, setelah enam bulan menaiki modul inti Tianhe dari stasiun ruang angkasa Tiangong China.

"Kapsul re-entry Shenzhou 13 berhasil mendarat," kata penyiar CCTV.

Ketiganya awalnya diluncurkan di Shenzhou-13 dari Gurun Gobi di barat laut China Oktober lalu, untuk merakit stasiun ruang angkasa permanen pertama negara itu yakni Tiangong (Istana Surgawi).

Wang menjadi wanita China pertama yang melakukan spacewalk November 2021 lalu, saat dia dan rekannya Zhai memasang peralatan stasiun luar angkasa selama enam jam.

Baca juga: 3 Astronot China Mendarat di Stasiun Luar Angkasa untuk Misi Terlama

Ketiganya telah menyelesaikan dua perjalanan luar angkasa, melakukan berbagai eksperimen ilmiah, menyiapkan peralatan, dan menguji teknologi untuk konstruksi masa depan selama mereka berada di orbit.

Para astronot menghabiskan beberapa minggu terakhir untuk merapikan dan mempersiapkan fasilitas kabin dan peralatan untuk awak Shenzhou-14 yang akan datang, yang diharapkan akan diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang.

Tiangong diperkirakan akan beroperasi setidaknya selama 10 tahun, dan ketiga astronot tersebut adalah kelompok kedua yang tinggal di sana.

Komandan misi Zhai adalah mantan pilot pesawat tempur yang melakukan perjalanan luar angkasa pertama China pada 2008, sementara Ye adalah pilot Tentara Pembebasan Rakyat.

Baca juga: Astronot China Kembali ke Bumi Setelah Selesaikan Misi 90 Hari di Luar Angkasa

Rekor panjang misi luar angkasa China sebelumnya ditetapkan oleh misi Shenzhou-12 tahun lalu, yang berlangsung 92 hari.

Enam bulan akan menjadi masa tinggal astronot normal di stasiun luar angkasa China, menurut CCTV.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com