Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakistan Inginkan Hubungan yang Baik dengan AS dan China

Kompas.com - 10/04/2022, 08:31 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Editor

Penulis: VOA Indonesia

ISLAMABAD, KOMPAS.com - Panglima militer Pakistan pada Sabtu (9/4/2022) mengatakan, negaranya berusaha untuk memperluas hubungan dengan China tanpa mempengaruhi hubungannya dengan Amerika Serikat.

Letnan Jenderal Qamar Javed Bajwa, panglima militer Pakistan, mengatakan, “Kami juga berbagi sejarah panjang hubungan yang sangat baik dan strategis dengan Amerika Serikat, yang tetap menjadi pasar ekspor terbesar kami.”

Berbicara dalam sesi Dialog Keamanan Islamabad, Jenderal Bajwa juga mengatakan Pakistan berkomitmen untuk meredakan ketegangan dengan India.

Baca juga: Berangkat dari Mimpi Nabi Muhammad Dinistakan, Guru di Pakistan Bunuh Rekannya

“Pakistan terus percaya dalam penggunaan dialog dan diplomasi untuk menyelesaikan semua masalah luar biasa termasuk sengketa Kashmir,” katanya.

Mengenai invasi Rusia ke Ukraina, Jenderal Bajwa mengatakan meskipun memiliki “kekhawatiran keamanan yang sah,” agresi Moskwa terhadap negara yang lebih kecil tidak dapat dimaafkan.”

“Menyedihkan, invasi Rusia ke Ukraina sangat disesalkan sementara ribuan orang telah tewas, jutaan pengungsi dan setengah dari wilayah Ukraina hancur. Ini adalah tragedi besar yang harus segera dihentikan,” tukasnya.

Baca juga: Menlu Pakistan: Sidang OKI Akan Bahas Isu Umat dan Tantangan Global

Konferensi dua hari itu mempertemukan para pakar kebijakan Pakistan dan internasional untuk membahas tantangan yang muncul dalam keamanan internasional di bawah tema keamanan komprehensif, dengan menata kembali kerja sama internasional.

Dialog Keamanan Islamabad menghadirkan 17 pembicara internasional dari Amerika Serikat, China, Inggris, Rusia, Uni Eropa, Jepang, Filipina, dan negara-negara lainnya.

Artikel ini pernah ditayangkan di VOA Indonesia dengan judul Pakistan Inginkan Hubungan Baik dengan AS dan China.

Baca juga: Pakistan Serius Tanggapi India Tidak Sengaja Luncurkan Rudal ke Wilayahnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com