Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari Ke-22 Serangan Rusia ke Ukraina, Teater di Mariupol Dibombardir Rusia, 3 Juta Pengungsi Tinggalkan Ukraina

Kompas.com - 18/03/2022, 06:10 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

KOMPAS.com - Konflik meningkat di kota Chernihiv di Ukraina utara, dengan 53 orang tewas oleh pasukan Rusia pada Rabu (16/3/2022).

“Kami menderita kerugian besar. 53 warga tewas kemarin,” kata gubernur regional, Viacheslav Chaus, pada Kamis (17/3/2022).

Berita ini, seperti biasa, adalah pembuka saja. Hari demi hari berlalu di Ukraina, dan serangan kian membabi buta.

Lalu, di mana ujung pangkalnya? Lebih dari tiga pekan berlalu, berikut rangkuman hari ke-22 invasi Rusia ke Ukraina, dilansir Guardian.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-21 Serangan Rusia ke Ukraina, Biden Sebut Putin Penjahat Perang, Moskwa Terancam Gagal Bayar Utang

- Satu orang tewas oleh serangan rudal Rusia di Kyiv pada Kamis pagi, menurut laporan layanan darurat Ukraina.

- Tim penyelamat mengatakan mereka menerima laporan tentang sebuah bangunan tempat tinggal yang terbakar di distrik Darnytsky pada pukul 5 pagi.

- Pihak berwenang Ukraina berjuang untuk menentukan nasib ratusan warga sipil yang berlindung di teater yang dihancurkan oleh serangan udara Rusia di kota Mariupol yang terkepung.

- Sebuah lembaga pendidikan di Merefa, sebuah kota di wilayah Kharkiv, juga dilaporkan terkena rudal Rusia.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-20 Serangan Rusia ke Ukraina, Kyiv Berlakukan Jam Malam, Moskwa Siapkan Prosedur Keluar Dewan Eropa

Seorang petugas pemadam kebakaran Ukraina membantu seorang pria mengeluarkan barang-barang dari sebuah bangunan yang hancur setelah terkena tembakan artileri di Kyiv, Ukraina, Senin, 14 Maret 2022. 
AP PHOTO/FELIPE DANA Seorang petugas pemadam kebakaran Ukraina membantu seorang pria mengeluarkan barang-barang dari sebuah bangunan yang hancur setelah terkena tembakan artileri di Kyiv, Ukraina, Senin, 14 Maret 2022.
- Kremlin mengeklaim telah menempatkan energi "kolosal" ke dalam pembicaraan tentang kemungkinan kesepakatan damai dengan rekan-rekan Ukrainanya.

- Kementerian pertahanan Inggris merilis laporan intelijen yang menyatakan bahwa invasi Rusia ke Ukraina “sebagian besar terhenti di semua lini”.

-Militer Ukraina juga merilis laporan operasional bahwa Rusia tidak berhasil melakukan operasi daratnya dan terus meluncurkan serangan roket ke kota-kota Ukraina.

- Para pejabat mengatakan pasukan Rusia melancarkan serangan siber dan menghancurkan sinyal TV dan radio untuk mendiskreditkan kepemimpinan Ukraina.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-19 Serangan Rusia ke Ukraina, Kontrol Penuh Kremlin, Pemimpin Chechnya Datang

- Ukraina telah meminta Jepang untuk citra satelit berkualitas tinggi untuk membantunya menangkis pasukan Rusia.

- Eksodus pengungsi Ukraina terus berlanjut, dengan mayoritas orang mencari perlindungan di negara tetangga Polandia. Menurut perkiraan PBB, lebih dari 3 juta orang telah meninggalkan Ukraina sejak Rusia menginvasi pada 24 Februari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com