Kompas.com - 15/03/2022, 06:32 WIB

KYIV, KOMPAS.com - Kremlin memperingatkan dapat memiliki kontrol penuh ketika invasi Rusia ke Ukraina memasuki hari ke-19, Senin (14/3/2022).

Pada hari itu juga, perundingan Rusia Ukraina putaran keempat digelar dan pemimpin Chechnya mengaku datang untuk memantau pasukannya.

Kemudian, China membantah Rusia meminta bantuan untuk invasi ke Ukraina, serta jumlah pengungsi Ukraina capai 2,7 juta orang.

Baca juga: Chelsea Tak Mampu Beli Bensin untuk Bus Tim, Kena Dampak Sanksi Rusia Invasi Ukraina

Dikutip dari kantor berita AFP, berikut adalah rangkuman hari ke-19 perang Rusia vs Ukraina.

1. Rusia bisa mengambil kontrol penuh

Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) saat mendengarkan perkataan Menteri Keuangan Rusia Anton Siluanov di pertemuan Dewan Ekonomi Eurasia di St Petersburg, Rusia, Kamis (6/12/2018).AFP/OLGA MALTSEVA via AP PHOTO Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) saat mendengarkan perkataan Menteri Keuangan Rusia Anton Siluanov di pertemuan Dewan Ekonomi Eurasia di St Petersburg, Rusia, Kamis (6/12/2018).
Ketika pasukan Rusia mengepung beberapa kota Ukraina, Moskwa memperingatkan bahwa hal itu dapat berujung ke kontrol penuh Kremlin.

Juru bicara Kremlin mengatakan, pasukan Rusia sejauh ini menahan diri melakukan serangan skala penuh di kota-kota besar karena jumlah korban sipil akan banyak, tetapi Moskwa tidak mengesampingkan kemungkinan mengendalikan penuh kota-kota besar Ukraina.

2. Perundingan ronde keempat

Peringatan itu muncul saat pembicaraan putaran keempat antara Ukraina dan Rusia sedang berlangsung melalui konferensi video.

Para pejabat Rusia menggambarkan pembicaraan tersebut alot, karena kedua pihak saling tuding atas kematian warga sipil.

Baca juga: Ukraina dan Rusia Akan Lanjutkan Perundingan Konflik pada Senin 14 Maret

3. Serangan di apartemen Kyiv

Ledakan di apartemen yang ditembak tank Rusia di Mariupol, Ukraina, Jumat (11/3/2022).AP PHOTO/EVGENY MALOLETKA Ledakan di apartemen yang ditembak tank Rusia di Mariupol, Ukraina, Jumat (11/3/2022).
Sebanyak satu orang tewas dan 12 lainnya luka-luka setelah serangan udara melanda sebuah bangunan perumahan di ibu kota Ukraina, Kyiv. Jumlah korban direvisi turun dari angka sebelumnya yaitu dua orang tewas.

4. China bantah klaim Rusia minta bantuan

China menuduh Amerika Serikat (AS) menyebarkan disinformasi atas peran Beijing dalam konflik Ukraina, tanpa secara langsung menanggapi laporan di media AS bahwa Rusia meminta bantuan militer dan ekonomi dari China.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.