Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari Ke-19 Serangan Rusia ke Ukraina, Kontrol Penuh Kremlin, Pemimpin Chechnya Datang

Kompas.com - 15/03/2022, 06:32 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

KYIV, KOMPAS.com - Kremlin memperingatkan dapat memiliki kontrol penuh ketika invasi Rusia ke Ukraina memasuki hari ke-19, Senin (14/3/2022).

Pada hari itu juga, perundingan Rusia Ukraina putaran keempat digelar dan pemimpin Chechnya mengaku datang untuk memantau pasukannya.

Kemudian, China membantah Rusia meminta bantuan untuk invasi ke Ukraina, serta jumlah pengungsi Ukraina capai 2,7 juta orang.

Baca juga: Chelsea Tak Mampu Beli Bensin untuk Bus Tim, Kena Dampak Sanksi Rusia Invasi Ukraina

Dikutip dari kantor berita AFP, berikut adalah rangkuman hari ke-19 perang Rusia vs Ukraina.

1. Rusia bisa mengambil kontrol penuh

Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) saat mendengarkan perkataan Menteri Keuangan Rusia Anton Siluanov di pertemuan Dewan Ekonomi Eurasia di St Petersburg, Rusia, Kamis (6/12/2018).AFP/OLGA MALTSEVA via AP PHOTO Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) saat mendengarkan perkataan Menteri Keuangan Rusia Anton Siluanov di pertemuan Dewan Ekonomi Eurasia di St Petersburg, Rusia, Kamis (6/12/2018).
Ketika pasukan Rusia mengepung beberapa kota Ukraina, Moskwa memperingatkan bahwa hal itu dapat berujung ke kontrol penuh Kremlin.

Juru bicara Kremlin mengatakan, pasukan Rusia sejauh ini menahan diri melakukan serangan skala penuh di kota-kota besar karena jumlah korban sipil akan banyak, tetapi Moskwa tidak mengesampingkan kemungkinan mengendalikan penuh kota-kota besar Ukraina.

2. Perundingan ronde keempat

Peringatan itu muncul saat pembicaraan putaran keempat antara Ukraina dan Rusia sedang berlangsung melalui konferensi video.

Para pejabat Rusia menggambarkan pembicaraan tersebut alot, karena kedua pihak saling tuding atas kematian warga sipil.

Baca juga: Ukraina dan Rusia Akan Lanjutkan Perundingan Konflik pada Senin 14 Maret

3. Serangan di apartemen Kyiv

Ledakan di apartemen yang ditembak tank Rusia di Mariupol, Ukraina, Jumat (11/3/2022).AP PHOTO/EVGENY MALOLETKA Ledakan di apartemen yang ditembak tank Rusia di Mariupol, Ukraina, Jumat (11/3/2022).
Sebanyak satu orang tewas dan 12 lainnya luka-luka setelah serangan udara melanda sebuah bangunan perumahan di ibu kota Ukraina, Kyiv. Jumlah korban direvisi turun dari angka sebelumnya yaitu dua orang tewas.

4. China bantah klaim Rusia minta bantuan

China menuduh Amerika Serikat (AS) menyebarkan disinformasi atas peran Beijing dalam konflik Ukraina, tanpa secara langsung menanggapi laporan di media AS bahwa Rusia meminta bantuan militer dan ekonomi dari China.

AS memperingatkan China agar tidak membantu Rusia menghindari sanksi. Namun, Kedutaan Besar China di Washington DC mengatakan, tidak mengetahui permintaan Rusia tersebut.

Baca juga: Rusia Disebut Minta Peralatan Militer ke China Saat Menginvasi Ukraina

5. Chernobyl tanpa listrik lagi

Chernobyl - Kota Pripyat yang termasuk dalam Chernobyl Exclusion Zone, Ukraina.PIXABAY / ????? ?????? Chernobyl - Kota Pripyat yang termasuk dalam Chernobyl Exclusion Zone, Ukraina.
Ukraina mengatakan, pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl--lokasi bencana nuklir terburuk di dunia pada 1986--terputus aliran listriknya untuk kali kedua sejak jatuh ke tangan Rusia pada awal invasi.

6. 16 tewas dalam serangan di wilayah yang dikuasai pemberontak

Separatis yang didukung Rusia di Ukraina timur mengeklaim, serangan rudal oleh pasukan Ukraina di ibu kota de facto mereka yakni Donetsk menewaskan sedikitnya 16 orang termasuk anak-anak.

Pemimpin pemberontak mengatakan kepada TV Rusia, para korban adalah orang-orang yang menunggu di ATM dan di halte bus. Adapun AFP tidak dapat memverifikasi berita kematian itu secara independen.

7. Blokade Laut Hitam

Kementerian Pertahanan Inggris berujar, Rusia membentuk blokade laut di pantai Laut Hitam yang secara efektif mengisolasi Ukraina dari perdagangan maritim internasional.

Halaman:
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com