Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kanada Desak Warganya untuk Tinggalkan Rusia!

Kompas.com - 06/03/2022, 10:31 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

MONTREAL, KOMPAS.com – Pemerintah Kanada pada Sabtu (5/3/2022), meminta warganya di Rusia untuk meninggalkan negara itu karena invasi Rusia ke Ukraina.

Pemerintah Kanada juga meminta warga negaranya untuk menghindari semua perjalanan ke Rusia.

Dalam pembaruan saran perjalanannya, Kementerian Luar Negeri Kanada merekomendasikan agar warga negaranya menghindari semua perjalanan ke Rusia karena dampak konflik bersenjata dengan Ukraina.

Baca juga: Rusia Dituduh Gunakan Gencatan Senjata di Mariupol untuk Atur Ulang Pasukan dan Serangan Baru

"Jika Anda berada di Rusia, Anda harus pergi selama sarana komersial masih tersedia," tambah pernyataan itu, dikutip dari AFP.

Kanada sebelumnya hanya menyarankan warganya untuk menghindari perjalanan yang tidak penting ke Rusia.

Dalam travel advisory atau anjuran perjalanan, Kementerian Luar Negeri Kanada mengatakan bahwa sanksi terhadap Moskwa dan tanggapan Rusia mungkin berdampak besar pada ketersediaan dan penyediaan layanan penting.

“Ketersediaan penerbangan menjadi sangat terbatas," ungkap Kementerian.

Kementerian Luar Negeri Kanada juga mencatat bahwa Rusia telah mengesahkan undang-undang pada Jumat (4/3/2022), yang "sangat membatasi kebebasan berbicara".

Undang-undang itu menghukum publikasi apa yang disebutnya "berita palsu" tentang invasinya dengan hukuman penjara hingga 15 tahun.

Baca juga: Putin Teken UU Baru, Akan Penjarakan Penyebar Berita Palsu tentang Militer Rusia

“Wartawan asing dan pekerja media lainnya di negara itu mungkin menghadapi risiko yang cukup besar," kata Kementerian Luar Negeri Kanda.

Pemerintah Kanada pun mendesak warga Kanada di Rusia untuk menahan diri dari membahas invasi, berpartisipasi dalam protes maupun berbagi atau menerbitkan informasi terkait dengan peristiwa terkini di Rusia dan Ukraina.

Warga Kanada yang ingin tinggal di Rusia diperingatkan bahwa mereka mungkin harus tinggal lebih lama dari yang diharapkan dan dapat terpengaruh oleh kekurangan produk serta layanan penting.

Mereka juga diperingatkan mungkin akan menghadapi risiko tidak dapat menggunakan kartu bank, dan tidak boleh bergantung pada Pemerintah Kanada untuk membantu meninggalkan negara yang dipimpin Presiden Vladimir Putin tersebut.

Saat mengumumkan agenda perjalanan ke Eropa, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau pada Jumat (4/3/2022), menyatakan bahwa Kanada yang telah memberlakukan banyak sanksi ekonomi terhadap Rusia, akan terus menjatuhkan sanksi hukuman kepada Putin dan para oligarki, sehingga mereka memahami kesalahan monumental mereka.

Trudeau dijadwalkan meninggalkan Kanada pada hari Minggu ini untuk melakukan perjalanan ke London, Riga, Berlin dan Warsawa untuk membahas dukungan untuk Ukraina.

Baca juga: Warga Rusia Keluhkan Kenaikan Harga Barang dan Gangguan Pembayaran Digital

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com