Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentagon: Separuh Pasukan Invasi Rusia Sudah Masuk Ukraina

Kompas.com - 27/02/2022, 18:36 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Seorang pejabat senior Pentagon Amerika Serikat (AS) pada Sabtu (26/2/2022) mengatakan, setidaknya 50 persen kekuatan invasi Rusia sudah masuk Ukraina.

Akan tetapi, kemajuan Rusia lambat karena perlawanan sengit yang tak terduga dari pasukan Ukraina.

"Kami memperkirakan bahwa lebih dari 50 persen pasukan Rusia yang ditempatkan oleh Putin melawan Ukraina ... telah berada di dalam Ukraina," kata pejabat itu dikutip dari AFP.

Baca juga: Rangkuman Hari Ketiga Serangan Rusia ke Ukraina, Pengepungan Kiev, Abramovich Mundur dari Chelsea, 120.000 Pengungsi

"Kami memiliki indikasi bahwa Rusia semakin frustrasi dengan kurangnya momentum mereka selama 24 jam terakhir, terutama di bagian utara Ukraina," kata pejabat itu yang tidak mau disebutkan namanya.

Pada Sabtu pagi waktu Washington, militer Rusia belum memperoleh keunggulan udara atas negara itu, kata pejabat tersebut.

Pasukan Rusia masih berada sekitar 30 kilometer di luar Kiev, lanjut pejabat itu sambil menekankan bahwa situasi di medan perang selalu berubah.

Ukraina terus gigih melawan dan sekutu Barat masih bisa menyuplai senjata serta pasokan lain kepada mereka meskipun ada serangan Rusia.

"Rusia frustrasi oleh ... perlawanan yang sangat gigih dan itu memperlambat mereka."

"Berdasarkan apa yang kami amati, perlawanan ini lebih besar dari yang diperkirakan Rusia," ujar pejabat itu.

Baca juga: Rusia Masuki Kharkiv Kota Terbesar Kedua di Ukraina, Kepung 2 Kota Besar Lainnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com