Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Invasi Ukraina, Putin "Dikeroyok" Pemimpin Dunia

Kompas.com - 25/02/2022, 22:54 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com - Para pemimpin dunia ramai-ramai mengecam Vladimir Putin atas langkah Rusia invasi Ukraina.

Dalam unggahan Instagram New York Times pada Jumat (25/2/2022), sejumlah pemimpin negara-negara kuat Barat, Timur Tengah, hingga Asia mengutuk keras keputusan Putin.

Berikut adalah rangkuman perkataan mereka.

Baca juga: Xi Jinping Telepon Putin, Minta Rusia Negosiasi dengan Ukraina

1. Perdana Menteri Inggris Boris Johnson

"Presiden Putin memilih langkah pertumpahan darah dan penghancuran dengan meluncurkan serangan tanpa provokasi kepada Ukraina. Inggris dan para sekutu kami akan menanggapinya dengan pasti."

2. Kanselir Jerman Olaf Scholz

Kanselir Jerman Olaf Scholz menghadiri konferensi pers dengan para pemimpin tiga negara Baltik, Presiden Lithuania Gitanas Nauseda, Perdana Menteri Estonia Kaja Kallas dan Perdana Menteri Latvia Karins, menjelang konsultasi tentang krisis Ukraina, di Kanselir, Berlin, Kamis 10 Februari , 2022. AP PHOTO/CHRISTOPHE GATEAU Kanselir Jerman Olaf Scholz menghadiri konferensi pers dengan para pemimpin tiga negara Baltik, Presiden Lithuania Gitanas Nauseda, Perdana Menteri Estonia Kaja Kallas dan Perdana Menteri Latvia Karins, menjelang konsultasi tentang krisis Ukraina, di Kanselir, Berlin, Kamis 10 Februari , 2022.
"Serangan Rusia kepada Ukraina adalah pelanggaran terang-terangan terhadap hukum internasional. Tidak ada pembenaran soal itu."

3. Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen

"Kami tidak akan membiarkan Presiden Putin menggantikan hukum dengan kekuatan dan kekejaman."

4. Presiden Perancis Emmanuel Macron

"Peristiwa tadi malam adalah titik balik dalam sejarah Eropa dan negara kita. Akan ada konsekuensi yang lama dan mendalam bagi kehidupan kita."

5. Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau

Perdana Menteri Justin Trudeau menyampaikan pidato kemenangan pemilu Kanada di Hotel Queen Elizabeth, Montreal, Quebec, Selasa dini hari (21/9/2021) waktu setempat. Trudeau memenangi periode ketiga dan akan membentuk pemerintahan minoritas kedua untuk empat tahun ke depanAFP/ANDREJ IVANOV Perdana Menteri Justin Trudeau menyampaikan pidato kemenangan pemilu Kanada di Hotel Queen Elizabeth, Montreal, Quebec, Selasa dini hari (21/9/2021) waktu setempat. Trudeau memenangi periode ketiga dan akan membentuk pemerintahan minoritas kedua untuk empat tahun ke depan
"Kanada meminta Rusia segera menghentikan segala pertempuran dan aksi-aksi provokatif serta menarik semua militer dan pasukan proksinya dari negara itu."

Baca juga: Rusia Kalah di 3 Kota Ukraina, tapi Duduki Konotop dan Kepung Kota Lainnya

6. Menteri Luar Negeri Italia Luigi Di Maio

"Operasi militer Rusia sangat serius, tak bisa dibenarkan dan melakukan agresi kepada Ukraina yang tidak memprovokasi, yang mana sangat dikecam oleh Italia."

7. Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir Abdollahian

"Akar krisis Ukraina adalah provokasi NATO. Kami tidak percaya bahwa menggunakan perang adalah solusi."

8. Presiden Finlandia Sauli Niinisto

"Kami bersimpati mendalam terhadap Ukraina dan mencari cara untuk meningkatkan bantuan ke Ukraina."

9. Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida

"Saya kecam Rusia dan akan bekerja dengan Amerika Serikat serta anggota komunitas internasional lainnya untuk mengatasi situasi ini dengan cepat."

Baca juga: Rudal Rusia Hujani Kota-kota Ukraina, 2 Ledakan Keras Terdengar di Kiev

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com