Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Israel-Suriah Saling Serang dengan Rudal

Kompas.com - 09/02/2022, 09:31 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP,

TEL AVIV, KOMPAS.com – Israel dan Suriah dilaporkan terlibat saling serang dengan rudal sejak semalam.

Israel melancarkan serangan terhadap sasaran di Suriah pada Rabu (9/2/2022) pagi, mengenai baterai anti-pesawat (anti-aircraft batteries).

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) menyebut serangan hal itu dilakukan sebagai balasan atas rudal yang ditembakkan Suriah.

Baca juga: Agen Rahasia Israel Diduga Sudah Menyusup ke Pejabat-pejabat Tinggi Iran

"Menanggapi rudal anti-pesawat yang diluncurkan dari Suriah tadi (Selasa, 8/2/2022) malam, kami baru saja menyerang target rudal darat-ke-udara di Suriah, termasuk radar & baterai anti-pesawat," tulis IDF di Twitter, dikutip dari AFP, Rabu.

Serangan udara itu diketahui terjadi lebih dari seminggu setelah serangan udara Israel menargetkan situs-situs di dekat Damaskus, Suriah, menyebabkan beberapa kerusakan material.

Media pemerintah Suriah mengatakan pertahanan udara Suriah telah diaktifkan terhadap tembakan Israel di sekitar Damaskus.

Mengutip sebuah sumber militer, dikatakan serangan udara Israel dimulai sesaat sebelum pukul 01.00 dan disertai pada pukul 1.10 waktu setempat oleh serangan rudal permukaan-ke-permukaan dari arah Golan yang diduduki.

“Pertahanan udara kami menghadapi rudal musuh dan menembak jatuh beberapa di antaranya,” kata kantor berita Suriah SANA.

SANA mengatakan satu tentara tewas dan lima lainnya terluka, bersama dengan kerusakan material.

Baca juga: PM Israel Beri Selamat ke Biden Atas Serangan AS yang Sebabkan Kematian Pemimpin ISIS

Israel jarang berkomentar tentang serangan udara yang dilakukan di Suriah, tetapi telah berulang kali mengatakan tidak akan membiarkan musuh bebuyutannya Iran memperluas jejaknya di negara itu.

Sejak perang saudara pecah di Suriah pada 2011, Israel telah melakukan ratusan serangan udara di wilayah Suriah, menargetkan posisi pemerintah serta pasukan sekutu yang didukung Iran dan pejuang Hizbullah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com