Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

POPULER GLOBAL: Kazakhstan Umumkan Kondisi Darurat | Misteri Pembunuhan Keluarga Borden

Kompas.com - 07/01/2022, 05:33 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

KOMPAS.com – Berita soal kerusuhan besar yang terjadi di kota-kota di Kazakhstan memuncaki kumpulan artikel Populer Global kali ini.

Di bawahnya ada berita yang memuat tanggapan dari Duta Besar Jepang untuk Indonesia yang memminta RI mengakgiri larangan ekspor batu bara baru-baru ini.

Pasalnya, Dubes Jepang menilai kebijakan itu memiliki dampak serius pada banyak negara, termasuk negaranya.

Baca juga: POPULER GLOBAL: Rekor Baru Matahari Buatan China | Wanita Miskin India Tuntut Kepemilikan Benteng Merah yang Megah

Kemudian, ada artikel yang memuat kisah misteri pembunuhan keluarga Borden di Amerika Serikat (AS) yang terjadi lebih dari 1 abad lalu.

Untuk lebih lengkapnya, berikut rangkuman artikel Populer Global sepanjang Kamis (6/1/2022) hingga Jumat (7/1/2022) pagi yang dapat disimak bersama:

1. Kazakhstan Umumkan Kondisi Darurat, 8 Aparat Tewas, Presiden Minta Bantuan Aliansi Rusia

Kerusuhan pecah di kota-kota di seluruh Kazakhstan pada Rabu (6/1/2021), ketika ribuan orang dengan marah memprotes kenaikan harga bahan bakar yang tajam yang memicu pengunduran diri pemerintah negara Asia Tengah itu.

Khabar 24 melaporkan keadaan darurat telah diberlakukan di seluruh negeri. Sementara pengunjuk rasa mulai menerobos bandara di kota terbesar negara itu, Almaty.

Kondisi darurat akan diterapkan hingga 19 Januari, dengan kantor berita mengatakan pembatasan pergerakan, termasuk transportasi, diterapkan di tiga kota besar dan 14 wilayah.

Baca selengkapnya di sini

Baca juga: POPULER GLOBAL: Pria Tewas Setelah Lompati Pintu Putar Stasiun | Finalis MasterChef Bunuh ART

2. Disebut Berdampak Serius, Jepang Desak Indonesia Akhiri Larangan Ekspor Batu Bara

Duta Besar Jepang untuk Indonesia meminta RI untuk mengakhiri larangan ekspor batu bara baru-baru ini, yang menurutnya memiliki dampak serius pada negara dengan perekonomian terbesar ketiga di dunia itu.

Indonesia mengekspor sekitar tiga perempat dari produksi batu baranya, dengan pasar terbesar termasuk negara-negara dengan perekonomian besar di Asia seperti China, Jepang, Korea Selatan, dan India.

Namun, pada 1 Januari RI melarang pengiriman bahan bakar fosil, dengan mengatakan bahwa itu untuk menghindari pemadaman setelah produsen batu bara tak bisa menyisihkan 25 persen dari produksi untuk pasar domestik, seperti yang diwajibkan.

Baca selengkapnya di sini

Baca juga: POPULER GLOBAL: Florona Gabungan Covid-19 dan Influenza | Lockdown Xian Sukses

3. Misteri Pembunuhan Keluarga Borden, Wajah Salah Satu Korban sampai Tak Bisa Dikenali

Tanggal 4 Agustus 1892 mungkin menjadi salah satu hari paling memilukan bagi warga Fall River, Massachusetts, Amerika Serikat (AS).

Bagaimana tidak, di sana terjadi pembunuhan mengerikan yang menimpa Andrew Borden dan istrinya, Abby Borden.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com