Kompas.com - 24/12/2021, 07:30 WIB

ITALIA, KOMPAS.com – Pemerintah Italia berencana memberlakukan kembali kewajiban mamakai masker bagi warga ketika berada di luar ruangan.

Pertimbangan ini diambil dengan maksud menahan peningkatan kasus Covid-19 yang didorong oleh varian Omicron di negara tersebut.

Tapi, Menteri Kesehatan Italia, Roberto Speranza pada Kamis (23/12/2021), belum memberi kepastikan kapan aturan itu akan mulai diberlakukan.

Baca juga: KBRI Roma Terus Tingkatkan Potensi Kerja Sama Indonesia-Italia di Berbagai Bidang

Ketika mengumumkan rencana itu kepada kabinet, dia yang pasti menyatakan bahwa masker berkualitas lebih tinggi akan diperlukan ketika warga sedang berada di tempat-tempat tertentu, termasuk bioskop, teater, acara olahraga, dan di transportasi umum.

"Ini adalah fase yang sulit,” kata Speranza sebagaimana dikutip dari Kantor Berita AFP, Jumat (24/12/2021).

Italia seperti diketahui tengah kembali menghadapi lonjakan kasus Covid-19.

Kontribusi peningkatan kasus Covid-19 di Italia kali ini adalah berasal dari infeksi varian Omicron.

“Langkah-langkah baru harus menciptakan perlindungan yang lebih kuat untuk populasi kita dan sistem kesehatan kita," ujar Speranza.

Pemerintah Italia juga memutuskan untuk mengurangi validitas surat keterangan sehat yang dikeluarkan bagi mereka yang telah menerima vaksinasi Covid-19 dari sembilan bulan menjadi enam bulan mulai 1 Februari 2022.

Baca juga: Kerja Sama Perdagangan Indonesia-Italia Berpotensi Meningkat

Selain itu, warga akan bisa mengakses vaksin Covid-19 dosis ketiga atau booster empat bulan setelah dosis kedua mereka atau turun dari sebelumnya berjarak enam bulan.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.