Kompas.com - 15/11/2021, 21:45 WIB

KOMPAS.com - Sebuah ledakan di luar Rumah Sakit (RS) Liverpool pada hari peringatan Remembrance Sunday telah dinyatakan sebagai aksi terorisme oleh polisi Inggris.

Sebuah taksi meledak dan dilalap api tepat sebelum pukul 11:00 GMT di zona pengantaran dekat pintu masuk.

Baca juga: Mobil Meledak di Liverpool Inggris, 1 Tewas dan 3 Ditangkap

Insiden teror ini menewaskan penumpang dan melukai pengemudi.

Sopir taksi, bernama lokal David Perry, dinyatakan sebagai pahlawan oleh Wali Kota Liverpool Joanne Anderson karena mengunci tersangka di dalam kendaraan.

Empat pria telah ditangkap di kota sehubungan dengan insiden tersebut.

Kepala Kepolisian Kontra Terorisme North West, Russ Jackson, mengatakan penumpang taksi tampaknya telah membuat "alat peledak rakitan" yang menyebabkan ledakan.

Asisten Kepala Polisi Jackson mengatakan kepolisian mengetahui identitas penyerang tetapi tidak akan mengonfirmasinya pada tahap ini.

Motivasi pria itu "belum dipahami", tambahnya.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson akan memimpin pertemuan darurat “Cobra” pada Senin (15/11/2021) sore sebagai tanggapan atas ledakan itu, kata Downing Street melansi BBC.

Baca juga: Panglima Militer Inggris Bersiap Berperang dengan Rusia

Kepala Kepolisian Kontraterorisme North West Russ Jackson, kiri dan Kepala Polisi Merseyside Polisi Serena Kennedy mengambil bagian dalam konferensi pers setelah insiden di luar Rumah Sakit Wanita Liverpool pada hari Minggu, di Markas Besar Polisi Merseyside, di Liverpool, Inggris Senin, 15 November 2021 AP PHOTO/PETER BYRNE Kepala Kepolisian Kontraterorisme North West Russ Jackson, kiri dan Kepala Polisi Merseyside Polisi Serena Kennedy mengambil bagian dalam konferensi pers setelah insiden di luar Rumah Sakit Wanita Liverpool pada hari Minggu, di Markas Besar Polisi Merseyside, di Liverpool, Inggris Senin, 15 November 2021

Kronologi ledakan dan terduga pelaku

Jackson mengatakan sopir Delta Taxi, David Perry mengambil penumpang di Rutland Avenue, dekat Sefton Park, pada Minggu (15/11/2021).

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.