Kompas.com - 28/08/2021, 14:28 WIB
Kapal perusak berpeluru kendali kelas Arleigh Burke milik Angkatan Laut AS, USS Kid. US NAVY via WIKIMEDIAKapal perusak berpeluru kendali kelas Arleigh Burke milik Angkatan Laut AS, USS Kid.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com – Satu unit kapal perang AS dan satu unit kapal penjaga pantai AS berlayar dan transit melalui Selat Taiwan pada Jumat (27/8/2021).

Pelayaran tersebut dilakukan setelah China menggelar latihan militer yang melibatkan kapal perang dan jet tempur di barat daya dan tenggara Taiwan.

Angkatan Laut AS mengatakan, kedua kapal tersebut masing-masing adalah USS Kidd dan USCGC Munro sebagaimana dilansir Reuters.

Baca juga: Taiwan Klaim Benar-benar Mampu Hentikan Rudal China

USS Kidd merupakan kapal perusak berpeluru kendali kelas Arleigh Burke milik Angkatan Laut AS sedangkan USCGC Munro adalah kapal milik kelas cutter kepunyaan penjaga pantai AS.

Angkatan Laut AS menambahkan, pelayaran kedua kapal tersebut sesuai dengan hukum internasional karena melalui perairan internasional.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kapal transit secara sah melalui Selat Taiwan menunjukkan komitmen AS untuk Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” ujar Angkatan Laut AS.

“Militer AS terbang, berlayar, dan beroperasi di mana pun yang diizinkan oleh hukum internasional,” sambung Angkatan Laut AS.

Baca juga: Menlu Taiwan Tuding China Ingin Meniru Taliban

Reuters mewartakan, Angkatan Laut AS kerap melakukan operasi semacam itu setiap bulan atau lebih.

Operasi tersebut sering membuat China marah karena “Negeri Panda” menganggap Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya.

Di sisi lain, seperti kebanyakan negara, Washington tidak memiliki hubungan diplomatik formal dengan Taipei.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.