Kandidat Parlemen yang Didukung Kalah, Benarkah Pengaruh Trump di Partai Republik Berkurang?

Kompas.com - 31/07/2021, 16:15 WIB
Mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump berpidato di Konferensi Aksi Politik Konservatif (CPAC) di Hotel Hyatt Regency, Orlando, Florida, Minggu (28/2/2021) AGENCE FRANCE PRESSE/JOE RAEDLE/GETTY IMAGESMantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump berpidato di Konferensi Aksi Politik Konservatif (CPAC) di Hotel Hyatt Regency, Orlando, Florida, Minggu (28/2/2021)

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Ini adalah minggu yang berat bagi mantan presiden AS Donald Trump.

Kandidat pilihan Trump dalam pemilihan DPR khusus di Texas pada Selasa (27/7/2021), kalah dari kandidat Partai Republik lainnya.

Hal ini kemungkinan dipicu beberapa suara protes terhadap Trump.

Dan pada Rabu (28/7/2021), 17 Senat Republik memilih untuk memajukan kesepakatan infrastruktur bipartisan, yang sempat berminggu-minggu ditentang Trump.

Baca juga: Reporter New York Times Hapus Tweet yang Sebut Pendukung Trump Musuh Negara

Dilansir The Hill, Trump memang menjadi sosok yang menjulang di Partai Republik, tapi pukulan beruntun telah membuat beberapa orang mempertanyakan apakah pengaruh Trump mungkin mulai berkurang sejak dia meninggalkan Gedung Putih.

"Trump belum mendapatkan kemenangan besar dalam waktu yang cukup lama," kata Alex Conant, ahli strategi Partai Republik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Saya pikir tanpa kemenangan, modal politiknya habis.”

"Donald Trump tidak memiliki strategi pasca-presiden," tambahnya.

“Dia terlalu terang pada saat yang sama sehingga dia tidak mendapatkan perhatian yang cukup. Dia memberikan banyak pidato dan bepergian ke luar negeri, tetapi selain basisnya yang sempit, tidak ada yang benar-benar memperhatikan dan saya pikir itu membatasi pengaruhnya.”

Baca juga: Trump Kecam Panduan CDC, Bersumpah Tak Mau Warga AS Terus Pakai Masker

Trump menerima pukulan terhadap kekuatan pendukungnya pekan ini, ketika Susan Wright, kandidat pilihannya dalam pemilihan putaran kedua untuk Distrik Kongres ke-6 Texas, kalah dari sesama anggota Partai Republik, Jake Ellzey.

Halaman:

Sumber The Hill
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.