Sorot Pemulihan Pasca Covid-19, Diaspora Indonesia Akan Gelar Congress of Indonesian Diaspora 6

Kompas.com - 31/07/2021, 15:45 WIB
Press conference virtual perihal persiapan acara CID-6 pada Sabtu (13/7/2021). Kompas.comPress conference virtual perihal persiapan acara CID-6 pada Sabtu (13/7/2021).

JAKARTA, KOMPAS – Indonesian Diaspora Network (IDN) Global akan menyelenggarakan Congress of Indonesian Diaspora 6 (CID-6) pada Sabtu 14 Agustus 2021, menghadirkan diaspora Indonesia yang dengan keahliannya berkontribusi secara nasional hingga global.

Mengusung tema “Post Covid-19: A Stronger Indonesia with Diaspora”, IDN Global yakin CID-6 diharap menjadi wadah yang mempertemukan Diaspora Indonesia dari berbagai negara dan lapisan masyarakat dan memberikan sumbangsih pemikiran kepada pemerintah dan publik di tanah air.

“Kita berusaha menyajikan acara yang bisa berdampak dan bisa membantu dalam menyajikan pemikiran dan masukan untuk Indonesia yang lebih baik, karena semua negara harus melakukan adjustment (penyesuaian) dengan adanya pandemi saat, termasuk Indonesia,” Presiden IDN Global Said Zaidansyah dalam press conference virtual perihal persiapan acara CID-6 pada Sabtu (13/7/2021).

Menurutnya, forum ini diharap bisa memperdalam diskusi publik terkait bagaimana Indonesia bangkit setelah pandemi Covid-19. Publik dan diaspora Indonesia juga dapat berinteraksi secara langsung untuk semakin mendekatkan relasi antara keduanya melalui Open Forum dalam kongres kali ini.

Baca juga: Kisah Diaspora Indonesia di Australia Bantu Tanah Air di Tengah Pandemi

Dalam kesempatan yang sama Chairman Board of Trustee IDN Global Dino Patti Djalal menilai kongres tahun ini merupakan peluang yang baik untuk menunjukkan “Diaspora Power”.

“Power dalam hal ini maksudnya the power to connect, the power to create, the power to collaborate and the power to contribute,” ujar Dino yang juga mantan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Keempat hal itu menurutnya telah banyak dilakukan diaspora indonesia terutama selama krisis Covid-19. Komunitas diaspora Indonesia di seluruh dunia terus memberikan dukungan moril, materil dan finansial bagi sesama warga Indonesia di tanah air.

“Covid-19 terbukti menjadi momen solidaritas bagi komunitas diaspora terhadap tanah air. Dan spirit ini akan terus kami bawa ke dalam penyelenggaraan CID-6”, imbuh Dino Patti Djalal.

Dino berharap kongres tahun ini juga akan menjadi forum bagi diaspora Indonesia di seluruh dunia untuk menyuarakan aspirasinya, serta dapat menjembatani komunikasi dengan pemerintah.

Baca juga: Cerita Diaspora Indonesia Selama Lockdown Gelombang Ketiga Covid-19 di Myanmar

VP Human Capital IDN Global sekaligus Koordinator Public Relation CID-6 Salut Muhiddin mengatakan acara Congress of Indonesian Diaspora yang digelar setiap dua tahun sekali ini menjadi salah satu kegiatan rutin IDN Global sebagai penghubung antar diaspora Indonesia di seluruh dunia dengan tanah air.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Sumber Kompas.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.