UPDATE Longsor Jepang: 2 Tewas, 20 Hilang, Sekitar Tokyo Evakuasi

Kompas.com - 04/07/2021, 06:44 WIB
Foto ini menunjukkan bangunan yang rusak akibat tanah longsor di distrik Izusan di Atami, barat Tokyo, Jepang pada Sabtu (3/7/2021), menyusul hujan lebat di daerah tersebut. KYODO NEWS via APFoto ini menunjukkan bangunan yang rusak akibat tanah longsor di distrik Izusan di Atami, barat Tokyo, Jepang pada Sabtu (3/7/2021), menyusul hujan lebat di daerah tersebut.

TOKYO, KOMPAS.com - Sedikitnya dua orang tewas dan sekitar 20 orang hilang setelah tanah longsor melanda kota tepi laut sekitar 60 mil barat daya Tokyo, menyapu rumah-rumah di tengah musim hujan Jepang.

Rekaman yang diunggah di media sosial menunjukkan tanah longsor hitam yang kuat menghantam lereng gunung, melanda rumah dan infrastruktur saat penduduk setempat menyaksikan dengan ngeri.

Baca juga: Usai Hujan Lebat, Tanah Longsor Melanda Jepang, 19 Orang Hilang

Tanah longsor raksasa di Atami, prefektur Shizuoka, terjadi sekitar pukul 10.30 waktu setempat. Sebelumnya sebagian wilayah tersebut diguyur hujan deras.

Seorang pejabat kota Atami mengonfirmasi kepada CNN bahwa dua wanita tewas dalam tanah longsor.

“Polisi dan petugas pemadam kebakaran sedang mencari korban hilang. Pencarian dihentikan saat malam dan akan dilanjutkan pada Minggu pagi (4/7/2021),” kata seorang pejabat kota Atami.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pejabat itu menambahkan bahwa 150 anggota Pasukan Bela Diri Jepang telah tiba di kota Atami untuk membantu operasi pencarian dan penyelamatan.

Sakae Saito, walikota kota Atami, mengatakan kepada wartawan bahwa hingga 100 hingga 300 rumah tangga terkena dampak tanah longsor pada Sabtu (3/7/2021).

Mulai pukul 2 siang waktu setempat, sekitar 2.830 rumah tangga di kota itu mati listrik, menurut Tokyo Electric Power Company.

Pemerintah telah membentuk satuan tugas untuk menanggapi bencana dan mengumpulkan informasi saat hujan lebat melanda daerah di sepanjang pantai Pasifik di Jepang tengah dan timur.

Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga menyatakan belasungkawa kepada para korban tanah longsor.

Halaman:

Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.