Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biografi Tokoh Dunia: Isaac Newton, Ilmuwan Jenius yang Takut Kritik

Kompas.com - 08/06/2021, 05:30 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Thought Co

KOMPAS.com - Sir Isaac Newton (4 Januari 1643–31 Maret 1727) adalah seorang superstar fisika, matematika, dan astronomi bahkan pada masanya sendiri.

Dia menguasai jabatan tertinggi sebagai Profesor Matematika Lucasian di Universitas Cambridge di Inggris, peran yang sama kemudian diisi, berabad-abad kemudian, oleh Stephen Hawking.

Newton menyusun beberapa hukum gerak, beberapa prinsip matematika paling berpengaruh hingga hari ini. Temuannya digunakan para ilmuwan untuk menjelaskan cara kerja alam semesta.

Baca juga: Ilmuwan Israel Mengaku Bisa Panjangkan Umur Tikus, Klaim Bisa Diterapkan ke Manusia

Pengaruh Galileo

Newton lahir pada 1642 di sebuah rumah bangsawan di Lincolnshire, Inggris. Ayahnya telah meninggal dua bulan sebelum kelahirannya.

Ketika Newton berusia 3 tahun, ibunya menikah lagi dan dia tinggal bersama neneknya. Dia tidak tertarik dengan pertanian keluarga, jadi dia dikirim ke Universitas Cambridge untuk belajar.

Newton lahir tidak lama setelah kematian Galileo, salah satu ilmuwan terbesar sepanjang masa. Galileo telah membuktikan bahwa planet-planet berputar mengelilingi matahari, bukan bumi seperti yang dipikirkan orang saat itu.

Newton sangat tertarik dengan penemuan Galileo dan penemu lain-lain.

Newton berpikir alam semesta bekerja seperti mesin dan beberapa hukum sederhana mengaturnya.

Seperti Galileo, ia menyadari bahwa matematika adalah cara untuk menjelaskan dan membuktikan hukum-hukum tersebut.

Baca juga: Ilmuwan Buru Wanita China Berjuluk Pasien Su, Diduga Pasien Nol Covid-19

Tiga hukum Newton

Newton adalah tokoh yang merumuskan hukum gerak dan gravitasi. Hukum-hukum ini merupakan rumus matematika yang menjelaskan bagaimana benda bergerak, ketika sebuah gaya bekerja pada mereka.

Newton menerbitkan bukunya yang paling terkenal, "Principia," pada 1687 ketika dia menjadi profesor matematika di Trinity College di Cambridge.

Dalam "Principia," Newton menjelaskan tiga hukum dasar yang mengatur cara benda bergerak. Dia juga menjelaskan teorinya tentang gravitasi, gaya yang menyebabkan benda jatuh.

Newton kemudian menggunakan hukumnya untuk menunjukkan, bahwa planet-planet berputar mengelilingi matahari dalam orbit yang berbentuk oval, bukan bulat.

Ketiga hukum tersebut sering disebut Hukum Newton.

Hukum pertama menyatakan bahwa suatu benda yang tidak didorong atau ditarik oleh suatu gaya akan tetap diam, atau akan terus bergerak dalam garis lurus dengan kecepatan tetap.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com