Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nama Trump Akan Dihapus dari Kredit Home Alone 2 dan Didepak dari Serikat Film

Kompas.com - 07/02/2021, 17:27 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber Daily Mail

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Donald Trump mengundurkan diri dari serikat perfilman Screen Actors Guild, jelang pertemuan Komite Disiplin terkait keanggotaannya setelah kerusuhan massa di Capitol.

Dalam surat yang didapat Fox News, mantan presiden Amerika Serikat (AS) tersebut menulis "Siapa yang peduli" tentang ancaman serikat perfilman untuk mendepaknya.

Selain itu, nama Donald Trump juga akan dihapus dari kredit film di Home Alone 2, Zoolander, dan program tv The Apprentice.

Baca juga: Donald Trump Mengundurkan Diri dari Serikat Aktor dan Film, SAG-AFTRA

"Saya menulis kepada Anda hari ini mengenai apa yang disebut sidang Komite Disiplin, yang bertujuan mencabut keanggotaan serikat pekerja saya. Siapa peduli!" tulis Trump dikutip Kompas.com dari Daily Mail, Kamis (4/2/2021).

Surat itu ditujukan ke Presiden SAG-AFTRA (Screen Actors Guild - American Federation of Television and Radio Artist), dan taipan real estate tersebut menyindirnya.

"Meski saya tidak begitu paham dengan pekerjaan Anda, saya sangat bangga dengan pekerjaan saya di film-film seperti Home Alone 2, Zoolander, dan Wall Street: Money Never Sleeps; dan acara-acara televisi termasuk The Fresh Prince of Bel-Air, Saturday Night Live, dan tentu saja, salah satu acara paling sukses dalam sejarah pertelevisian, The Apprentice - dan masih banyak lagi!"

Serikat perfilman menuduh Trump melanggar nilai-nilai demokrasi, kebenaran, dan kehormatan, setelah penyerbuan Capitol Hill pada 6 Januari.

Baca juga: Dianggap Inkonstitusional, Trump Tolak Bersaksi di Pemakzulan Dirinya

SAG-AFTRA yang mengomentari surat pengunduran diri Trump hanya mengatakan, "Terima kasih".

Trump menjadi anggota SAG sejak 1989 dan masih mendapat royalti dari aktingnya. Namun, ia menyebut serikat tersebut tidak melakukan apa-apa untuknya.

"Saya tak mau lagi dikaitkan dengan serikat Anda. Karena itu, surat ini untuk memberitahu Anda tentang pengunduran diri saya segera dari SAG-AFTRA," tulis Trump.

SAG-AFTRA mewakili sekitar 160.000 aktor, penyiar, jurnalis tv, penari, DJ, penulis berita, editor berita, pembawa acara program, dalang boneka, stuntman, penyanyi, artis sulih suara, dan profesional media lainnya.

Baca juga: Biden Pertimbangkan Cabut Hak Trump Dapat Informasi Rahasia Negara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com