Kabar Mata Uang Yuan Dipakai untuk Transaksi di Zimbabwe, Hoaks!

Kompas.com - 19/11/2020, 15:23 WIB
Ilustrasi. ThinkstockIlustrasi.

HARARE, KOMPAS.com - Duta besar Republik Indonesia untuk Zimbabwe, Juniarta Sastrawan menegaskan bahwa mata uang Yuan dari Republik Rakyat China tidak dipakai untuk transaksi di Zimbabwe.

Mata uang resmi di Zimbabwe dikatakan Dubes Juniarta, masih menggunakan Dolar Zimbabwe baik digunakan secara tunai maupun elektronik (mobile money).

Dubes Juniarta juga menambahkan bahwa kini, mata uang Dolar Zimbabwe memiliki nilai tukar yang semakin stabil terhadap mata uang asing dan penggunaannya semakin mendapat kepercayaan secara nasional maupun internasional.

Baca juga: Michael Jackson Diyakini Pernah Bertemu Almarhum Presiden Zimbabwe Robert Mugabe pada 1998

Berdasarkan rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (19/11/2020) demi memfasilitasi para pelaku bisnis dalam memperoleh mata uang asing di tengah krisis ekonomi dan pandemi Covid-19, pemerintah Zimbabwe menerapkan kebijakan lelang.

Melalui Reserve Bank of Zimbabwe (RBZ), sejak Juni 2020, penjualan mata uang asing dibeli dengan Dolar Zimbabwe.

Lelang forex ini membawa dampak positif dan nilai tukar Dolar Zimbabwe terhadap Dollar Amerika Serikat (AS) menjadi relatif stabil dengan 1 dollar AS setara dengan 80-an Dolar Zimbabwe.

Baca juga: Korupsi Pengadaan Alat Covid-19, Menkes Zimbabwe Ditangkap

Stabilnya nilai tukar tersebut tak hanya memperkukuh kedaulatan Dolar Zimbabwe tapi juga memantapkan langkah pemerintahnya mencapai visi 2030, Zimbabwe sebagai negara berpenghasilan menengah ke atas.

Karena kepercayaan terhadap Dolar Zimbabwe semakin meningkat, Dubes Juniarta menyampaikan bahwa KBRI Harare hendak memfasilitasi pembicaraan pembentukan kerja sama Indonesia-Zimbabwe.

Kerja sama itu berupa revitalisasi pembangunan jaringan kereta api di Zimbabwe yang pendanaannya akan bersumber dari berbagai pihak.

Baik dari pendanaan nasional, internasional, swasta, pemerintah maupun obligasi pemerintah Zimbabwe.

Baca juga: Presiden Zimbabwe Ancam Pembuat Hoaks Virus Corona Dipenjara 20 Tahun


Sumber Rilis
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X