Demi Mendapat Herd Immunity, Ilmuwan Ini 2 Kali Terpapar Covid-19

Kompas.com - 29/10/2020, 14:50 WIB
Dr Alexander Chepurnov, peneliti di Siberia, Rusia. Dia dilaporkan terpapar Covid-19 hingga dua kali, di mana yang kedua merupakan kesengajaan demi meneliti soal herd immunity. The Siberian Times via Daily MailDr Alexander Chepurnov, peneliti di Siberia, Rusia. Dia dilaporkan terpapar Covid-19 hingga dua kali, di mana yang kedua merupakan kesengajaan demi meneliti soal herd immunity.

NOVOSIBIRSK, KOMPAS.com - Seorang ilmuwan di Rusia dilaporkan melakukan penelitian dengan terpapar Covid-19 hingga dua kali demi mendapat kekebalan kelompok ( herd immunity).

Hasilnya, Dr Alexander Chepurnov harus memendam harapan karena ternyata penelitiannya untuk mendapatkan imunitas itu sia-sia saja.

Dr Chepurnov pada awalnya terkena virus corona ketika dia tengah menikmati ski di Perancis pada Februari, di mana dia kemudian sembuh tanpa dirawat.

Ilmuwan berusia 69 tahun itu kemudian mengajak timnya untuk menggelar penelitian di Institut Pengobatan Eksperimental dan Klinis di Novosibirsk.

Saat itu, Dr Chepurnov dan timnya meneliti antibodi Covid-19 mulai dari seperti apa perilakunya, seberapa kuat, dan berapa lama bertahan di tubuh.

Dilansir dari Daily Mail Rabu (28/10/2020), dari penelitian dia mendapati bahwa antibodi virus corona menurun dengan cepat.

"Pada akhir bulan ketiga setelah saya terinfeksi, antibodi itu sudah tidak lagi terdeteksi," kata dia. Dia memutuskan untuk kembali terpapar.

Dr Chepurnov memutuskan menjadikan dirinya sendiri kelinci percobaan, di mana dia bersinggungan dengan pasien corona tanpa alat pengaman.

Dia mengungkapkan tubuhnya kembali melemah tepat enam bulan sejak infeksi pertama, di mana gejala awal adalah tenggorokan yang terasa perih.

Infeksi keduanya ini ternyata lebih parah dari yang dibayangkan, di mana dia harus menjalani perawatan di rumah sakit.

Halaman:
Baca tentang

Sumber Daily Mail
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X