Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Survei Sebut Warga AS Nilai Kinerja Pemerintahnya dalam Atasi Pandemi Covid-19 Buruk

Kompas.com - 27/09/2020, 17:42 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Beberapa warga di 13 negara bagian Amerika Serikat (AS) percaya bahwa pemerintah mereka telah melakukan pekerjaan yang buruk dalam menangani wabah virus corona.

Melansir Global Times, Jumat (25/9/2020), menurut hasil survei yang baru diterbitkan Pew Research, selain kinerja buruk dalam penanganan pandemi, orang-orang Amerika juga meyakini bahwa tatanan sosial di AS lebih terpolarisasi.

Sejauh ini, lebih dari 7,1 juta orang Amerika telah terinfeksi virus corona dan lebih dari 200.000 orang telah meninggal dunia karena penyakit tersebut.

Baca juga: Angka Kematian Akibat Virus Corona di AS Tembus 200.000

Penelitian itu, yang diungkapkan pada hari Senin lalu, menunjukkan bahwa 62 persen orang Amerika mengatakan tanggapan AS terhadap wabah virus corona kurang efektif dibandingkan dengan negara-negara kaya lainnya.

Sementara 25 persen lain mengatakan bahwa tanggapan AS sama efektifnya dan 13 persen sisanya mengatakan tanggapan AS sangat efektif.

Di antara yang disurvei, hampir sembilan dari sepuluh Demokrat dan independen yang condong ke Demokrat (87 persen) mengatakan tanggapan AS kurang efektif dibandingkan negara-negara kaya lainnya.

Baca juga: AS Catat Rekor 1 Hari 1 Juta Tes Covid-19, Pakar Sebut Ideal 6-10 Juta 1 Hari

Selain itu, jumlah orang Amerika yang memberi nilai tinggi kepada pejabat kesehatan masyarakat dan pejabat terpilih juga menurun.

Survei juga menunjukkan bahwa orang Amerika yang mengatakan pejabat kesehatan publik seperti pekerja di CDC melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam menanggapi wabah menurun dari 79 persen di bulan Maret menjadi 63 persen di bulan Agustus.

Pangsanya turun tajam, terutama di kalangan Republik.

Baca juga: Setelah Menolak Aturan Pakai Masker, Seorang Pastur di AS Positif Virus Corona

Sejalan dengan pandangan orang Amerika, sebagian besar responden di negara lain juga percaya bahwa AS telah melakukan pekerjaan yang buruk dalam menangani virus corona.

Pew Research menunjukkan bahwa di 13 negara bagian yang disurvei, rata-rata 84 persen orang dewasa mengatakan AS melakukan pekerjaan yang buruk, termasuk 53 persen yang mengatakan bahwa AS telah menangani wabah dengan sangat buruk.

Negara tersebut antara lain Kanada, Jerman, Denmark, Belgia, Belanda, Perancis, Inggris, Swedia, Spanyol, Italia, Korea Selatan, Australia, dan Jepang.

Baca juga: Eks Asisten Utama Wapres AS Klaim Trump Sebut Wabah Covid-19 Suatu Hal yang Bagus, Kenapa?

Dan dari semua itu, kebanyakan orang yang disurvei melihat tanggapan AS terhadap pandemi lebih buruk daripada negara mereka sendiri, daripada WHO dan Uni Eropa.

Sementara sebanyak 74 persen responden mengatakan WHO telah melakukan pekerjaan dengan baik dalam menangani virus corona dengan 15 persen lainnya mengatakan bahwa AS telah menanggulangi wabah dengan baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com