Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Kerahkan 8 Jet Tempur untuk Hadapi 3 Pesawat Pembom B-52 AS

Kompas.com - 05/09/2020, 22:37 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com - Militer Rusia dilaporkan mengirim delapan jet tempur untuk mencegat tiga pesawat pembom B-52 milik AS yang mendekati Crimea.

Berdasarkan keterangan kementerian pertahanan, pusat kontrol udara mendeteksi armada "Negeri Uncle Sam" pada Jumat waktu setempat (4/9/2020).

Kremlin segera memberangkatkan empat jet tempur Sukhoi Su-27 dan empat Su-30, di mana mereka mengawal B-52 itu keluar dari wilayah udara Rusia.

Baca juga: Rusia Tuduh Pilot Jet Tempur F-16 Korsel Bermanuver Tak Profesional terhadap Pesawat Pembom

"Pelanggaran perbatasan negara yang dilakukan AS terhadap Federasi Rusia tidak dapat dibenarkan," terang kementerian dikutip Russian Today Sabtu (4/9/2020).

Di tengah tiga pesawat pembom strategis B-52 tengah mendekati Crimea, sekelompok besar pesawat pengintai dan kapal milik AS dan Inggris berada di wilayah Ukraina dan Laut Hitam.

Kemunculan pesawat pengebom jarak jauh itu kemungkinan merupakan upaya AS untuk mengetes sistem pertahanan udara maupun radar "Negeri Beruang Merah".

Taktik seperti itu dilaporkan begitu sering dilakukan terutama ketika era Perang Dingin. Namun, kini begitu jarang ditemui di abad modern.

Selain mencoba radar dan kemampuan rudal, lewatnya B-52 Stratofortress bisa juga merupakan upaya unjuk gigi Washington, yang mendukung Ukraina.

Komando AS di Eropa kemudian mengakui bahwa pesawat yang bertugas sejak periode 1950-an tersebut bergabung bersama angkatan udara Ukraina.

Dalam rilis resminya, misi itu "memberikan pelatihan bernilai di tengah udara" dan menunjukkan kemampuan AS serta NATO menjamin sekutu mereka.

Insiden tersebut bukanlah yang pertama kali. Kurang dari dua pekan, jet tempur Rusia juga menghalau B-52 di perairan netral Laut Hitam.

Belum lagi pertemuan yang melibatkan angkatan laut. Paling baru adalah latihan artileri AS yang berlokasi 70 km di perbatasan Estonia pekan ini.

Latihan mereka terjadi setelah Kremlin menggelar latihan bagi armada lautnya di Laut Bering, yang dekat dengan perairan AS.

Baca juga: Kapal Tanker dan Pipa Minyaknya Diserang, Arab Saudi Kirim Pesawat Pembom ke Yaman

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com