Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rahasia Nenek Ini Capai Usia 107 Tahun, Salah Satunya Peregangan 100 Kali Sehari

Kompas.com - 08/08/2020, 17:31 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

Sumber Daily Mail

BEIJING, KOMPAS.com - Seorang nenek berusia 107 tahun membagikan 'resep rahasia' tentang umur panjang kepada Shaanxi Radio dan stasiun TV lokal di China.

Nenek bernama Liu Caiqin tinggal di kota Xianyang, provinsi Shaanxi, barat laut China. Dia sudah memiliki 5 generasi keturunan dengan usianya yang kini mencapai 107 tahun.

Kepada media, dia mengatakan bahwa 'resep' untuk bisa punya umur panjang adalah dengan sering berolahraga dan minum air putih yang dicampur dengan cuka makan dan madu.

Dalam sehari, Caiqin mengatakan selalu melakukan peregangan otot sebanyak 100 kali. 

Shaanxi Radio merilis bagaimana nenek Caiqin berolahraga, meregangkan otot lengan, otot kaki dengan menendang sembari merebahkan diri di atas kasur.

Baca juga: [VIDEO] Nenek Ini Mainkan Piano di Apartemennya yang Porak Poranda Akibat Ledakan di Beirut

Dia bahkan berdiri dan berjongkok dengan berpegangan pada rangka kasur serta 'memijat' anggota tubuhnya, lengan, kaki dan punggung dengan penggulung roti dari kayu.

Melansir Daily Mail, Caiqin lahir pada Juni 1913, di sebuah keluarga miskin di daerah Liquan. Dia bekerja sebagai buruh tani sebelum akhirnya menikah dan memiliki 2 orang anak.

Putri sulungnya kini sudah berusia 79 tahun dan putra bungsunya berusia 76 tahun.

Putranya, Zhang Jing mengatakan pada wartawan bahwa ibunya sudah agak tuli namun kesehatannya secara umum masih sangat baik.

Menurut Zhang, tekanan darah ibunya, termasuk gula darah dan kolesterol juga terpantau normal.

Baca juga: Nenek Ini Pukul Bokong Pasangan yang Ketahuan Berhubungan Seks di Semak-semak

Selain menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga, Caiqin kerap meminum campuran air putih dengan cuka makan dan madu.

"Jangan remehkan minuman cuka dan madu ini. Ini favoritnya. Dia tidak bisa hidup satu hari saja tanpa minum ini," ujar Zhang.

Menurut Zhang, ibunya itu bisa mengonsumsi lebih dari 4,9 kilogram per tahun karena kebiasaan tersebut.

Selain mengonsumsi campuran air, cuka makan dan madu, nenek Caiqin juga lebih suka mengonsumsi makanan yang agak hambar (kurang garam atau penyedap). Dia bahkan terus berpikir positif serta optimis secara mental.

Baca juga: Nenek Usia 85 Tahun Eksis di Instagram, Mengaku Tak Lagi Kesepian

Nenek Caiqin ternyata juga senang bersosialisasi, mendengarkan opera, dan bermain dengan tetangga.

Sebagai seorang penganut jalan Budha yang setia, Liu Caiqin kerap berdoa menggunakan tasbihnya. Sambil berdoa, dia rupanya juga berlatih dan mengasah otak.

"Ini adalah 108 butir tasbih Budha. Setiap hari saya perlu menghitungnya sebanyak 100 kali, artinya sekitar 100.000 manik. Itu membantu saya melatih pikiran dan tangan saya."

Ketika ditanya tentang tips panjang umur, Liu Caiqin berkata, "Yang paling penting adalah bersikap baik, tulus dan murah hati."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com