Melbourne Lockdown Lagi, tapi Kenapa Harus 6 Minggu?

Kompas.com - 13/07/2020, 07:15 WIB
Petugas kesehatan bertugas di layananan pengetesan Covid-19 drive-thru di Keilor, Melbourne, Rabu, 1 Juli 2020. JAMES ROSS/AAP via ABC INDONESIAPetugas kesehatan bertugas di layananan pengetesan Covid-19 drive-thru di Keilor, Melbourne, Rabu, 1 Juli 2020.

MELBOURNE, KOMPAS.com - Pemerintah Negara Bagian Victoria mengumumkan kembali diberlakukannya lockdown selama enam minggu di seluruh kawasan Melbourne, yang telah mengejutkan dan tak diduga oleh warganya.

Premier Daniel Andrew, yang memimpin Victoria mengakui, pihak berwenang "bisa saja memutuskan waktu yang lebih pendek", tetapi pada akhirnya siklus hidup virus yang menentukan keputusan untuk menutup Melbourne dan Mitchell Shire selama enam minggu penuh.

"Siklus hidup virus ini adalah 14 hari," katanya.

"Enam minggu berarti setara dengan tiga kali siklus virus ini."

Baca juga: Warganya Divonis Mati di China, Ini Respons PM Australia

Enam minggu lockdown akan memungkinkan jeda waktu antara setelah tertular virus hingga dinyatakan positif setelah dites, menurut dokter ahli penyakit menular, Trent Yarwood.

"Kita selama ini berpikir masa inkubasi bagi kebanyakan orang adalah kurang dari satu minggu, tetapi pedoman kesehatan masyarakat mengatakan harus mempertimbangkan kemungkinan terpapar sampai dua minggu," kata Dr Trent.

Dia mengatakan, pertimbangan ini juga diperlukan karena butuh waktu bagi kesehatan publik untuk menanganinya.

"Semua penularan yang dilaporkan hari ini terjadi seminggu yang lalu," katanya.

"Tidak ada buku panduan yang mengatur bagaimana kita harus melakukan ini. Ini trial and error."

Baca juga: PM Australia: Warga China Sendiri yang Pilih Berlibur dan Kuliah di Sini

Para ahli mengatakan lockdown diperlukan karena peningkatan kasus penularan virus corona di Victoria, yang disebabkan oleh penularan antar-masyarakat, bukan dari para pelancong yang kembali dari luar negeri.

Halaman:
Baca tentang

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X