Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Langgar Jam Malam untuk Cegah Virus Corona, Presiden Austria Minta Maaf

Kompas.com - 25/05/2020, 16:26 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber BBC

WINA, KOMPAS.com - Presiden Austria Alexander van der Bellen minta maaf, setelah dia melanggar jam malam untuk mencegah virus corona.

Van der Bellen kedapatan bertahan di sebuah restoran yang berlokasi di ibu kota Wina, di mana seharusnya tutup pada pukul 23.00.

Presiden Austria berusia 76 tahun itu mengaku, dia sampai tidak tahu waktu karena mengobrol dengan seorang teman di restoran Italia.

Baca juga: Langgar Aturan Cegah Virus Corona, Wali Kota Ini Pura-pura Mati

Austria merupakan satu dari negara pertama di Eropa yang langsung menerapkan lockdown untuk mencegah penyebaran virus corona.

Negara itu juga menjadi salah satu yang melonggarkannya. Perkumpulan hingga 10 orang mulai diizinkan sejak awal Mei lalu.

Kemudian taman, Kemudian toko DIY, dan pusat botani sudah mulai bisa dikunjungi publik sejak April lalu, dilaporkan BBC Minggu (24/5/2020).

"Dengan setulus hati, saya minta maaf, Itu kesalahan," terang mantan juru bicara Partai Hijau Austria itu dalam kicauan di Twitter.

Van der Bellen mengatakan, dia pergi bersama dengan istri dan dua temannya. "Kami sampai lupa waktu karena keterusan mengobrol," jelasnya.

Dalam pemberitaan media lokal, sang presiden ketahuan oleh polisi di luar area makan selepas tengah malam pada Minggu waktu setempat.

Dalam peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah, restoran dan kafe, yang diizinkan buka pada pekan lalu, harus tutup pukul 23.00.

Pihak restoran bisa didenda jika terbukti bersalah. Alexander van der Bellen menegaskan, dia siap bertanggung jawab jika pemlik sampai mendapat kerugian.

"Kami tutup tepat waktu, sekitar pukul 23.00, begitu sajian terakhir minuman dibawakan," kata pemilik rumah makan kepada koran Krone.

Si pemilik kemudian mengungkapkan, dia mengira jika sudah tutup maka pelanggan diizinkan untuk tinggal di teras selama mereka mengizinkan.

Baca juga: 250 Warga Ditangkap karena Langgar Jam Malam Saat PSBB Sidoarjo

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com