Berjuang Atasi Kebakaran Hutan di China, 19 Orang Tewas

Kompas.com - 31/03/2020, 18:00 WIB
Pemadam kebakaran berusaha menjinakkan kebakaran hutan yang berkobar di Prefektur Liangshan, Xichang, Provinsi Sichuan, China, pada 31 Maret 2020. Sebanyak 19 orang tewas karena terperangkap tatkala berjibaku memadamkan api. China Daily via ReutersPemadam kebakaran berusaha menjinakkan kebakaran hutan yang berkobar di Prefektur Liangshan, Xichang, Provinsi Sichuan, China, pada 31 Maret 2020. Sebanyak 19 orang tewas karena terperangkap tatkala berjibaku memadamkan api.

BEIJING, KOMPAS.com - Sebanyak 19 orang, 18 di antaranya pemadam kebakaran dan satu pemandu, tewas ketika berjuang memadamkan kebakaran hutan di China.

Tayangan yang disiarkan televisi memperlihatkan api berkobar dari gunung di atas kota Xichang, Provinsi Sichuan. Membuat langit menjadi merah.

Baca juga: Cerita Polwan yang Berjibaku Memadamkan Kebakaran Hutan di Riau

Kepulan asap tebal muncul di atas jalanan dan gedung di kota berpopulasi 700.000 jiwa itu, seperti diberitakan AFP Selasa (31/3/2020).

Kebakaran hutan itu terjadi pada Senin (30/3/2020) pukul 15.00 waktu setempat di Prefektur Liangshan, kawasan barat daya Sichuan.

"Api itu memberikan ancaman langsung kepada warga kota." Demikian pernyataan pemerintah kota Xichang yang dirilis di Weibo.

Lebih dari 140 mesin pemadam api, empat helikopter, dan 900 pemadam kebakaran dikerahkan untuk menjinakkan si jago merah.

Berdasarkan kantor berita Xinhua dikutip BBC, terpaan arah angin membuat jalur api berubah, dan membuat 18 pemadam kebakaran dan pemandunya terjebak, dan tewas.

Total, ada sekitar 2.000 petugas penyelamat yang dilibatkan untuk menangkal kebakaran hutan, dengan 1.200 orang dievakuasi.

Helikopter masih berjibaku memadamkan kebakaran tersebut dari udara, di mana total lahan yang hangus mencapai 1.000 hektar.

April tahun lalu, 27 orang pemadam kebakaran terbunuh saat kebakaran hutan di Muli County, dengan 700 orang dikerahkan.

Baca juga: Sudah Sepekan, Kebakaran Hutan di Meranti Riau Belum Padam

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber BBC,AFP
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X