Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rangkuman Hari Ke-750 Serangan Rusia ke Ukraina: Warga Rusia Berencana Racuni Tentara Sendiri | Seruan Putin Jelang Pilpres

KYIV, KOMPAS.com – Masih ada beberapa hal baru yang terjadi mewarnai perang Rusia-Ukraina hari ke-750 pada Kamis (14/3/2024).

Ini termasuk, Rusia mengatakan, telah menangkap empat warga yang diduga sebagai anggota kelompok paramiliter pro-Ukraina yang sedang mempersiapkan serangan di wilayah Rusia, termasuk meracuni tentara Rusia.

Sementara itu, Presiden Vladimir Putin mendesak warga Rusia untuk memberikan suara dalam pemilihan umum akhir pekan ini.

Untuk lebih lengkapnya, berikut rangkuman serangan Rusia ke Ukraina hari ke-750 yang dapat Anda simak:

Rusia tangkap 4 orang anggota paramiliter pro-Ukraina

Rusia pada Kamis mengatakan, telah menangkap empat orang yang diduga sebagai anggota kelompok paramiliter pro-Ukraina yang sedang mempersiapkan serangan di wilayah Rusia, termasuk meracuni tentara Rusia.

Keempatnya ditangkap di kota Saint Petersburg.

"FSB telah mengakhiri kegiatan ilegal di Saint Petersburg dari sel klandestin kelompok paramiliter Ukraina, Korps Sukarelawan Rusia, yang bertindak untuk kepentingan badan intelijen Ukraina," kata Dinas Keamanan Rusia FSB dalam sebuah pernyataan, dikutip dari AFP.

"Mereka (warga Saint Petersburg itu) berencana meracuni dengan zat yang sangat beracun produk makanan yang diperuntukkan sebagai bantuan kemanusiaan untuk tentara Rusia yang bertempur di Ukraina," katanya.

Putin desak warga Rusia berikan hak pilih dalam Pemilu

Presiden Vladimir Putin pada Kamis mendesak warga Rusia untuk memberikan suara dalam pemilihan umum akhir pekan ini.

Putin sendiri kemungkinan akan mendapatkan masa jabatan enam tahun lagi dalam sebuah pemungutan suara yang menurut Kremlin akan menunjukkan bahwa masyarakat sepenuhnya mendukung serangannya terhadap Ukraina.

"Saya yakin: Anda menyadari betapa sulitnya masa yang sedang dilalui negara kita, betapa kompleksnya tantangan yang kita hadapi di hampir semua bidang," kata Putin dalam sebuah pidato di hadapan rakyat Rusia menjelang pemungutan suara.

"Dan untuk terus meresponsnya dengan bermartabat dan berhasil mengatasi kesulitan, kita harus terus bersatu dan percaya diri," tambahnya.

Kemenangan dalam Pilpres Rusia 2024 pada 15-17 Maret akan memungkinkan Putin untuk tetap berada di Kremlin hingga setidaknya 2030, lebih lama dari pemimpin Rusia mana pun sejak Ekaterina yang Agung pada abad ke-18.

"Biarlah saya berterus terang: partisipasi dalam pemilihan hari ini adalah manifestasi dari perasaan patriotik," tambah Putin dalam pidatonya.

Serangan drone tewaskan 1 orang di Rusia

Satu orang tewas dan enam lainnya terluka pada Kamis di wilayah Rusia yang berbatasan dengan Ukraina.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa 14 drone Ukraina dihancurkan dalam semalam, yang merupakan gelombang serangan terbaru di wilayah Rusia menjelang Pilpres, yang diperkirakan akan memberikan Presiden Vladimir Putin enam tahun lagi untuk berkuasa.

"Seorang warga sipil tewas. Seorang pria sedang bepergian dengan mobil ketika sebuah peluru menghantam mesinnya. Dia meninggal karena luka-lukanya di tempat," tulis gubernur regional Belgorod Vyacheslav Gladkov di Telegram.

Dia menambahkan bahwa enam orang terluka, termasuk empat perempuan dan dua laki-laki.

Serangan itu juga dikatakan telah merusak dua rumah dan fasilitas medis.

Serangan di Kursk Rusia tewaskan 2 orang tewas

Garda nasional Rusia pada Kamis mengatakan, mereka sedang melawan serangan dari kelompok pro-Ukraina di wilayah Kursk, yang merupakan yang terbaru dari serangkaian bentrokan baru-baru ini di perbatasan.

Tiga kelompok milisi Ukraina yang berbeda, yang sebagian besar terdiri dari orang-orang Rusia yang anti-Kremlin, minggu ini mengeklaim telah merebut desa Tyotkino dalam sebuah operasi gabungan.

"Unit-unit Rosgvardia terlibat dalam memukul mundur serangan kelompok pengalih perhatian musuh di dekat desa Tyotkino di wilayah Kursk," kata garda nasional pada Kamis.

Stoltenberg: NATO belum berikan amunisi yang cukup kepada Ukraina 

Sekjen NATO Jens Stoltenberg pada Kamis mengarakan, bahwa anggota aliansi belum menyediakan amunisi yang cukup kepada Ukraina dan kekurangan tersebut memungkinkan Rusia untuk memukul mundur pasukan Kyiv.

"Ukraina tidak kehabisan keberanian. Mereka kehabisan amunisi," kata Stoltenberg kepada wartawan.

“Bersama-sama, kita mempunyai kapasitas untuk menyediakan apa yang dibutuhkan Ukraina. Sekarang kita perlu menunjukkan kemauan politik untuk melakukannya," tambahnya.

Belgorod tutup mal akibat serangan Ukraina

Wilayah Belgorod yang berbatasan dengan Rusia menutup pusat perbelanjaan dan mendesak masyarakat untuk menunda perjalanan pada hari Kamis setelah serangkaian serangan udara Ukraina.

"Ada banyak permintaan untuk menutup pusat perbelanjaan. Kami sudah melakukan ini. Kini pusat perbelanjaan tersebut tutup," kata Gubernur Vyacheslav Gladkov dalam sebuah unggahan di Telegram.

Rusia memberikan sanksi kepada 227 warga AS

Kementerian Luar Negeri Rusia pada Kamis mengatakan, akan melarang masuknya lebih dari 200 warga negara AS yang diklaim terlibat dalam “aktivitas anti-Rusia”.

Pengumuman tersebut disampaikan sehari sebelum dimulainya pemilihan presiden Rusia yang akan memberi Vladimir Putin masa jabatan enam tahun lagi di Kremlin.

“Masuk ke Federasi Rusia tertutup bagi 227 orang Amerika yang terlibat dalam pengembangan, implementasi, dan pembenaran terhadap tindakan Russofobia yang dilakukan pemerintahan AS saat ini,” kata Kementerian Luar Negeri Rusia dalam sebuah pernyataan yang dipublikasikan di situs webnya.

Sanksi baru ini menargetkan beberapa pejabat pemerintah, termasuk juru bicara Departemen Luar Negeri AS Matthew Miller.

Rheinmetall berencana bangun pabrik senjata di Ukraina

Produsen senjata Jerman, Rheinmetall, pada Kamis mengatakan. pihaknya berencana untuk mendirikan setidaknya empat pabrik di Ukraina, dengan menargetkan rekor penjualan sebesar 10 miliar euro pada tahun ini.

Perang Ukraina telah meningkatkan industri senjata Jerman ketika negara-negara berupaya mempersenjatai kembali dalam menghadapi meningkatnya ancaman dari Rusia, dan melonjaknya permintaan tahun lalu mendorong Rheinmetall masuk ke dalam indeks blue-chip DAX.

Perusahaan tersebut mengatakan, bahwa pabrik-pabrik di Ukraina akan digunakan untuk memproduksi peluru, kendaraan militer, bubuk mesiu, dan senjata anti-pesawat.

“Ukraina kini menjadi mitra penting bagi kami, di mana kami melihat potensi (penjualan) antara dua hingga tiga miliar euro per tahun,” kata CEO Rheinmetall Armin Papperger saat presentasi hasil perusahaan pada tahun 2023.

Macron: Perancis siap memastikan Rusia tak akan pernah memenangkan perang

Presiden Perancis Emmanuel Macron mengatakan pada hari Kamis bahwa negaranya siap untuk memastikan bahwa Rusia tidak memenangkan perang di Ukraina, dan memperingatkan sekutunya agar tidak membatasi bantuan.

“Jika situasinya memburuk, kami siap memastikan bahwa Rusia tidak akan pernah memenangkan perang itu,” kata Macron di TV Perancis.

Ia memperingatkan bahwa siapa pun yang menganjurkan “batasan” bantuan ke Ukraina sama dengan “memilih kekalahan”.

Macron menegaskan Rusia tidak akan menghentikan ambisi teritorialnya jika memenangkan perang di Ukraina, yang merupakan ancaman bagi negara-negara tetangga Moldova, Romania, dan Polandia.

“Rusia telah menjadi kekuatan yang ingin berkembang dan jelas bahwa hal itu tidak akan berhenti di situ,” tulis Macron di X setelah wawancara di TV Perancis.

“Jika kita meninggalkan Ukraina, jika kita membiarkan Ukraina kalah dalam perang ini, Rusia pasti akan mengancam Moldova, Rumania, Polandia,” tambahnya.

https://www.kompas.com/global/read/2024/03/15/103100170/-rangkuman-hari-ke-750-serangan-rusia-ke-ukraina--warga-rusia-berencana

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke