Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Parlemen Turkiye Akan Mulai Pemungutan Suara Aksesi Swedia ke NATO

Jika Turkiye meratifikasi Swedia gabung NATO, maka tinggal Hongaria satu-satunya negara anggota aliansi pertahanan tersebut yang masih menahan proses aksesi.

Swedia-dan negara tetangganya, Finlandia-mendaftar masuk NATO setelah perang Rusia-Ukraina pecah hampir dua tahun lalu.

Sebelumnya, stasiun tv NTV menyebutkan bahwa pemungutan suara akan dilakukan pekan ini, tetapi tidak memberikan tanggal pastinya.

Finlandia menjadi anggota ke-31 NATO pada April 2023, menggandakan panjang perbatasan aliansi yang dipimpin Amerika Serikat (AS) tersebut dengan Rusia.

Sementara itu, Swedia mengalami kendala karena Presiden Turkiye Recep Tayyip Erdogan sempat keberatan atas sikap Stockholm terhadap Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang dianggap Ankara sebagai teroris.

Erdogan kemudian mencabut keberatannya setelah Stockholm menindak PKK, dan bulan lalu Komite Urusan Luar Negeri di Parlemen Turkiye menyetujui pengajuan Swedia.

  • Komite Turkiye Setujui Swedia Gabung NATO
  • Turkiye Serang Pasukan PKK dan YPG di Irak-Suriah, Hancurkan 24 Target
  • Turkiye Akan Setujui Swedia Gabung NATO jika AS Jual F-16

Namun, Erdogan mengajukan serangkaian tuntutan baru termasuk meminta AS menindaklanjuti janjinya mengirimkan jet tempur F-16 untuk angkatan udara Turkiye yang menua.

Bulan lalu, Erdogan membahas tuntutannya itu dengan Presiden AS Joe Biden yang berujar, permintaan Turkiye akan mendapat lampu hijau jika aksesi Swedia ke NATO berhasil dilakukan.

https://www.kompas.com/global/read/2024/01/23/115153570/parlemen-turkiye-akan-mulai-pemungutan-suara-aksesi-swedia-ke-nato

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke