Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Presiden Mesir El-Sissi Calonkan Diri Lagi untuk Masa Jabatan Ketiga

"Seperti yang telah saya jawab sebelumnya, saya mengindahkan panggilan rakyat dan mengumumkan niat saya untuk mencalonkan diri dan menyelesaikan mimpi dalam masa jabatan presiden yang baru," kata el-Sissi.

Pernyataan Sisi disambut kerumunan pendukung yang bersorak-sorai di Ibu Kota Administratif Baru Kairo, sebuah megaproyek pembangunan yang didorong oleh presiden.

Dilansir dari DW, El Sissi, mantan panglima angkatan darat, sebelumnya berkuasa dengan menggulingkan Mohamed Morsi, presiden terpilih Mesir, dalam kudeta militer tahun 2013.

Dia memenangi pemilu tahun 2014 dan sekali lagi pada tahun 2018, dengan perolehan suara masing-masing sebesar 96 dan 97 persen.

Beberapa kandidat terkemuka dalam pemilu 2018 tidak dapat mengikuti pemilu atau dipenjara.

Empat tahun lalu, el-Sissi mengawasi pengesahan amandemen konstitusi Mesir yang memungkinkannya untuk mencalonkan diri untuk masa jabatan ketiga.

Pada saat yang sama memperpanjang masa jabatan presiden dari empat menjadi enam tahun.

Jika terpilih kembali, pemimpin otoriter ini bisa tetap berkuasa hingga 2030.

Unjuk rasa dukungan telah dilakukan dalam skala besar dengan spanduk-spanduk bergambar el-Sissi menyelimuti ibu kota Kairo dan liputan antusias para pendukung el-Sissi yang bergembira disiarkan oleh media pemerintah.

Pada hari Senin, kapal-kapal di Sungai Nil memajang gambar el-Sissi dan slogan "Ya untuk Stabilitas" di layar mereka.

El-Sissi secara luas diperkirakan akan memenangi pemilihan kembali melawan oposisi yang telah ia hancurkan selama satu dekade terakhir.

Ini terutama dilakukannya dengan memenjarakan puluhan ribu orang dengan dalih menindak pembangkangan.

Namun, kondisi ekonomi Mesir yang buruk dapat membuat kemenangannya tidak terlalu besar.

Inflasi di Mesir telah meroket hingga hampir 40 persen dan mata uang negara tersebut telah kehilangan setengah nilainya sejak Maret 2022.

https://www.kompas.com/global/read/2023/10/03/151500470/presiden-mesir-el-sissi-calonkan-diri-lagi-untuk-masa-jabatan-ketiga

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke