Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hubungan Prigozhin, Shoigu, Gerasimov, dan Putin: Konflik Penyebab Pemberontakan Wagner

Karakter utama dari drama ini adalah Yevgeny Prigozhin; pendiri dan pemimpin kelompok paramiliter Wagner; dan kepala militer besar Rusia--Sergei Shoigu dan Valery Gerasimov.

Prigozhin adalah eks penjahat yang dikaitkan dengan kejahatan terorganisasi pada 1980-an dan menghabiskan beberapa tahun di penjara.

Dia adalah ciptaan Kremlin, yang berutang kekayaannya yang sangat besar kepada Presiden Vladimir Putin.

Sejak dia membentuk kelompok tentara bayaran Wagner pada 2014, dia menjadi kunci utama yang mewujudkan keinginan Putin untuk menerapkan kembali pengaruh Rusia di seluruh dunia.

Pasukannya--yang terdiri dari mantan pasukan khusus Rusia--telah mendukung sekutu Putin, Bashar Al Assad di Suriah, dan membantu mengurangi serta menggantikan pengaruh Perancis di Mali.

Hingga tahun lalu, Prigozhin secara konsisten membantah banyak bukti yang menyatakan dia mengendalikan kelompok tersebut.

Dia melayangkan tuntutan hukum di pengadilan Inggris terhadap jurnalis Bellingcat Elliot Higgins yang menuduhnya menjalankan milisi swasta.

Operasi kelompoknya yang kerap disangkal membuat dia populer dan memungkinkan dia membangun basis kekuatannya sendiri, selama setahun terakhir untuk menyaingi elite militer dan keamanan Rusia.

Pria itu terbiasa dengan kekerasan, korupsi, dan ambisi. Kebangkitannya melambangkan negara modern yang dibangun oleh Presiden Vladimir Putin selama 24 tahun terakhir.

Namun, terlepas dari kekuatannya yang meningkat, dia tetap menjadi orang luar di antara lingkaran kecil penasihat Putin, tidak takut untuk mengkritik pejabat di Moskwa yang dia anggap korup, malas, atau bahkan keduanya.

Dan dia menyimpan kebencian khusus kepada kepala militer, Valery Gerasimov, dan Menteri Pertahanan Sergei Shoigu--sesama orang luar--selama bertahun-tahun.

Meskipun memimpin militer Rusia selama lebih dari satu dekade, Shoigu tidak pernah menjadi tentara. Kariernya melesat di Partai Komunis sebelum menjadi kepala Kementerian Darurat Rusia pada 1990-an.

Gerasimov, tokoh ketiga dalam persaingan ini, adalah orang dalam utama di militer.

Dia mengawali kariernya dengan menghentikan pemberontakan berdarah di Chechnya pada 1990-an, dan sekarang menjabat sebagai kepala militer terlama pasca-Soviet.

Peran penting Prigozhin dalam memproyeksikan kekuatan Rusia--dan kemampuan kelompoknya untuk memburu operator pasukan khusus teratas dari militer dengan menawarkan gaji yang lebih tinggi--diyakini telah menciptakan ketegangan di antara orang-orang tersebut selama beberapa tahun.

Namun, setelah invasi Rusia ke Ukraina--dan khususnya pascapertempuran berdarah di Bakhmut, yang diyakini telah menewaskan ribuan pasukan Wagner--kebencian Prigozhin terhadap elite militer mulai terlihat.

Upaya untuk merebut Bakhmut--sebuah kota kecil dengan populasi sebelum perang sekitar 70.000 orang--membingungkan.

Sebagian besar pengamat percaya Wagner memiliki kepentingan militer yang terbatas dan beberapa mengatakan serangan itu dirancang oleh Prigozhin untuk memungkinkan dia mengeklaim kemenangan di tengah operasi militer yang melemah.

Dia sering menuduh Shoigu dan Gerasimov "terus-menerus berusaha mencuri (pujian atas) kemenangan Wagner" di kota-kota seperti Soledar, di mana ribuan pasukan paramiliter--yang kebanyakan direkrut dari penjara--menemui ajal mereka.

Berbeda dengan saingannya yang lebih birokratis, kata-kata kasar yang sering dilontarkan Progozhin membuatnya menjadi kepribadian yang sering menarik perhatian media dunia.

Dokumen yang bocor menunjukkan Kementerian Pertahanan Rusia tidak yakin bagaimana melawan pesan-pesan Progozhin dan popularitasnya yang meningkat.

Namun, di Kremlin, Vladimir Putin membiarkannya berlanjut.

Membiarkan persaingan membara adalah gaya Presiden Putin. Dia telah lama mengizinkan pusat-pusat kekuatan bersaing satu sama lain untuk mendapatkan pengaruh, percaya bahwa itu akan mencegah satu faksi mendapatkan keunggulan yang cukup guna menantangnya secara langsung.

Daniel Triestman, seorang profesor ilmu politik di University of California, Los Angeles, pada tahun lalu menulis bahwa sistem yang dibuat oleh Putin mengandung tripwires (jebakan) untuk mencegah kudeta.

Dia juga mencatat bahwa para pejabat "dengan orang-orang bersenjata di komando mereka kurang saling percaya untuk bisa mengatur konspirasi".

Dalam rezim ini, Shoigu diawasi oleh Wagner, sementara tentara bayaran tetap ditakuti oleh militer. Puncak piramida diduduki Putin, master catur yang menggerakkan bidak di papan dan menjaga keseimbangan dalam sistem.

Sementara itu, Prigozhin selalu berhati-hati untuk tidak mengkritik presiden secara langsung, sebaliknya mengatakan bahwa kegagalan Rusia sejak invasi pada Februari 2022 adalah karena Putin disesatkan oleh para komandannya.

Bagi Putin, sangat berguna membiarkan bos tentara bayaran menyalahkan bawahan atas kegagalan operasi militer. Presiden Rusia diyakini mengkritik Shoigu dan Gerasimov secara pribadi karena lambatnya invasi.

Namun, dalam beberapa bulan terakhir, strategi lama Putin tampaknya berantakan.

Prigozhin semakin marah karena curiga pihak militer menahan amunisi dari pasukannya saat mereka berusaha menyelesaikan penguasaan wilayah Bakhmut.

Dia semakin banyak mengunggah kata-kata kasar yang tidak tertahankan di Telegram.

Dalam sebuah video--yang memperlihatkan puluhan pejuang Wagner yang tewas di belakangnya--dia mengamuk: "Anda (sumpah serapah) yang tidak memberi kami amunisi, Anda sampah, Anda akan memakan isi perut mereka di neraka!"

"Shoigu! Gerasimov! Di mana... amunisinya?... Mereka datang ke sini sebagai sukarelawan dan mati demi menguntungkan Anda," teriaknya dalam video lain, tampaknya berusaha memeras Moskwa dengan mengancam akan menarik pasukannya dari garis depan dan berhenti berjuang untuk Bakhmut.

Menurut dokumen intelijen AS yang dibocorkan oleh penerbang Amerika Jack Teixeira, Prigozhin dipanggil untuk bertemu dengan Putin dan Shoigu pada 22 Februari--hari yang sama saat dia mengunggah video dengan latar belakang jasad-jasad pasukan Wagner.

"Pertemuan itu hampir pasti menyangkut, setidaknya sebagian, tuduhan publik terhadap Prigozhin dan mengakibatkan ketegangan dengan Shoygu," bunyi salah satu dokumen, menggunakan ejaan berbeda dari nama belakang kepala pertahanan.

Namun, pertemuan itu tampaknya tidak memberikan dampak yang diinginkan.

Kepala pertahanan kadang-kadang menghadapi kritik atas kurangnya petugas berseragam, tetapi pengetahuannya tentang bagaimana membelokkan sistem politik Rusia sesuai keinginannya tidak ada duanya.

Dia tetap berada di Kremlin dalam satu kapasitas atau lainnya sejak 1991, dan beberapa penasihat Presiden Putin menghabiskan waktu lebih lama di sisinya.

Pada 10 Juni dia mengumumkan rencananya, memberitahu "formasi sukarelawan" untuk diminta menandatangani kontrak langsung dengan Kementerian Pertahanan, mengintegrasikannya dengan militer dan memberi mereka status hukum baru.

Kontrak tersebut memberi PMC--atau Formasi Relawan--hingga 1 Juli untuk mematuhi dan menandatangani kontrak.

Meskipun pengumuman itu tidak menyebut Wagner secara langsung, hal itu secara luas dipandang sebagai langkah untuk mengurangi pengaruh Prigozhin, yang segera memicu kemarahan bos tentara bayaran itu.

"Wagner tidak akan menandatangani kontrak apa pun dengan Shoigu," Prigozhin mengamuk. "Shoigu tidak bisa mengelola formasi militer dengan baik."

Meskipun demikian, langkah tersebut akan memicu kewaspadaan Prigozhin. Sebagai operator politik veteran, Shoigu tidak akan bergerak untuk mengambil kendali Wagner tanpa mengetahui dia mendapat persetujuan dari Presiden Putin.

Prigozhin mungkin telah menyadari bahwa setelah berbulan-bulan melontarkan kata-kata kasar dan kritiknya terhadap "operasi militer khusus", presiden akhirnya memutuskan untuk mendukung kepala pertahanannya dan menyingkirkan sekutu lamanya.

Beberapa hari kemudian, Putin menyampaikan persetujuan pribadinya, mengatakan kepada wartawan di Moskwa bahwa itu "sesuai dengan akal sehat" dan harus "dilakukan secepat mungkin".

Beberapa orang berpendapat bahwa ini adalah saat Prigozhin mulai merencanakan pemberontakannya, dengan Institut Studi Perang (ISW) yang berbasis di AS mengatakan dia "kemungkinan bertaruh bahwa satu-satunya jalan untuk mempertahankan Grup Wagner sebagai kekuatan independen adalah berbaris melawan Kementerian Pertahanan Rusia".

Pasukannya segera meningkatkan serangan melawan pasukan militer reguler, menculik seorang komandan lapangan Rusia yang mereka tuduh menembaki pasukan Wagner.

Media AS melaporkan bahwa pejabat intelijen, setelah menganalisis gerakan Wagner selama beberapa hari, memberi tahu pemerintahan Biden bahwa Prigozhin sedang merencanakan beberapa tindakan.

Dan pada hari Jumat, bos tentara bayaran melepaskan kritiknya yang paling memberatkan terhadap menteri pertahanan.

Berangkat dari garis batas palsu Rusia yang telah lama dipromosikan oleh Presiden Putin sendiri bahwa Rusia menginvasi Ukraina untuk menangkal NATO dan Nazi, Prigozhin mengamuk bahwa konflik tersebut tidak lebih dari alasan bagi Shoigu untuk memenangkan lebih banyak medali dan mendapatkan kehormatan militer tertinggi untuk dipromosikan ke pangkat Marsekal.

"Kementerian Pertahanan mencoba menipu publik, menipu presiden," katanya sambil mengamuk dalam video Telegram.

Malam itu, kurang dari dua minggu setelah Kementerian Pertahanan mengumumkan rencana mereka untuk menguasai Grup Wagner, Prigozhin dan pasukannya meninggalkan Ukraina dan merebut Kota Rostov di Rusia.

Beberapa pihak berspekulasi bahwa Prigozhin setuju untuk mengakhiri pemberontakannya setelah memenangkan konsesi dari Putin, yang bisa mencakup perubahan di puncak kementerian pertahanan.

Namun, kebenarannya masih belum jelas.

Siapa yang akan menggantikan Shoigu dan Gerasimov juga tidak jelas.

Jenderal Sergei Surovikin--yang pernah menjadi sekutu Prigozhin, tetapi menentang pemberontakannya--mungkin akan mendapat promosi.

Dikenal sebagai Jenderal Armageddon, dia memimpin pasukan invasi dalam waktu singkat pada tahun lalu dan berada di balik serangan pengeboman yang menargetkan sipil dan sebagian besar tidak efektif.

Apa yang terjadi pada Prigozhin sendiri adalah soal lain.

Keputusannya untuk menghentikan pasukan di Moskwa kemungkinan akan membuat marah banyak elemen pro-perang garis keras di Rusia.

Sementara ISW mengamati "banyak personel Wagner kemungkinan besar tidak akan senang dengan potensi penandatanganan kontrak" dengan Kementerian Pertahanan.

Dan tidak jelas apakah dia bisa mempertahankan kekayaannya yang sangat besar.

Laporan di media Rusia mengatakan sejumlah 38 juta pounds (senilai Rp 726 miliar) uang tunai ditemukan saat penggerebekan di markas Wagner di St Petersburg, yang menurut Prigozhin digunakan untuk memberi kompensasi kepada keluarga tentara yang tewas.

Meski pemberontakan ini sebagian besar terjadi di wilayahnya, duo militer Shoigu dan Gerasimov telah menghilangkan ancaman besar terhadap kekuasaan mereka.

Sekitar sepuluh perusahaan militer swasta sekarang beroperasi di Rusia, milik kumpulan pejabat keamanan, raksasa minyak, dan oligarki.

Shoigu dikatakan mengendalikan perusahaannya sendiri bernama Patriot PMC yang beroperasi di Ukraina dan bersaing langsung dengan Wagner, menurut Departemen Luar Negeri AS.

Kesetiaan kelompok-kelompok ini kepada rezim sekarang harus dipertanyakan, dan mungkin melemahkan asumsi bahwa pemerintahan Putin lebih cakap menahan konflik panjang di Ukraina daripada pemerintahan Presiden Volodymyr Zelensky di Kyiv.

“Harapan sebagian elite Rusia, termasuk, tampaknya presiden sendiri, bahwa perang panjang bermanfaat bagi Rusia…adalah ilusi yang berbahaya,” kata Ruslan Pukhov, analis Pusat Analisis Strategi dan Teknologi yang berbasis di Moskwa.

"Perpanjangan perang membawa risiko politik domestik yang sangat besar bagi Federasi Rusia."

https://www.kompas.com/global/read/2023/06/29/190000870/hubungan-prigozhin-shoigu-gerasimov-dan-putin--konflik-penyebab

Terkini Lainnya

Hari Ini, Irlandia dan Norwegia Akan Mengakui Negara Palestina Secara Resmi

Hari Ini, Irlandia dan Norwegia Akan Mengakui Negara Palestina Secara Resmi

Global
Pecah Rekor Lagi, Pendaki Nepal Kami Rita Sherpa Capai Puncak Everest 30 Kali

Pecah Rekor Lagi, Pendaki Nepal Kami Rita Sherpa Capai Puncak Everest 30 Kali

Global
Presiden Iran Meninggal, Puluhan Ribu Orang Hadiri Pemakaman Ebrahim Raisi

Presiden Iran Meninggal, Puluhan Ribu Orang Hadiri Pemakaman Ebrahim Raisi

Global
Rangkuman Hari Ke-818 Serangan Rusia ke Ukraina: 3.000 Napi Ukraina Ingin Gabung Militer | 14.000 Orang Mengungsi dari Kharkiv 

Rangkuman Hari Ke-818 Serangan Rusia ke Ukraina: 3.000 Napi Ukraina Ingin Gabung Militer | 14.000 Orang Mengungsi dari Kharkiv 

Global
Belum Cukup Umur, Remaja 17 Tahun di India Pilih Partai PM Modi 8 Kali di Pemilu

Belum Cukup Umur, Remaja 17 Tahun di India Pilih Partai PM Modi 8 Kali di Pemilu

Global
Menlu AS Tuding ICC Hambat Gencatan Senjata Perang Israel-Hamas

Menlu AS Tuding ICC Hambat Gencatan Senjata Perang Israel-Hamas

Global
Menteri Keamanan To Lam Resmi Terpilih Jadi Presiden Vietnam

Menteri Keamanan To Lam Resmi Terpilih Jadi Presiden Vietnam

Global
Anggota Kabinet Perang Israel Ron Dermer Sebut Tak Ada Kelaparan di Gaza, Kok Bisa? 

Anggota Kabinet Perang Israel Ron Dermer Sebut Tak Ada Kelaparan di Gaza, Kok Bisa? 

Global
Amelia Earhart, Perempuan Pertama yang Melintasi Atlantik

Amelia Earhart, Perempuan Pertama yang Melintasi Atlantik

Internasional
6 Fakta soal Helikopter Presiden Iran, Termasuk Buatan AS dan Sudah Usang

6 Fakta soal Helikopter Presiden Iran, Termasuk Buatan AS dan Sudah Usang

Global
Rusia Umumkan Mulai Latihan Peluncuran Senjata Nuklir Taktis

Rusia Umumkan Mulai Latihan Peluncuran Senjata Nuklir Taktis

Global
Penumpang yang Tewas dalam Singapore Airlines Berencana Berlibur ke Indonesia

Penumpang yang Tewas dalam Singapore Airlines Berencana Berlibur ke Indonesia

Global
[POPULER GLOBAL] Singapore Airlines Turbulensi Parah | Hasil Penyelidikan Awal Kecelakaan Helikopter Presiden Iran

[POPULER GLOBAL] Singapore Airlines Turbulensi Parah | Hasil Penyelidikan Awal Kecelakaan Helikopter Presiden Iran

Global
Presiden Iran Meninggal, Turkiye Adakan Hari Berkabung

Presiden Iran Meninggal, Turkiye Adakan Hari Berkabung

Global
Saat Pesawat Singapore Airlines Menukik 6.000 Kaki dalam 3 Menit...

Saat Pesawat Singapore Airlines Menukik 6.000 Kaki dalam 3 Menit...

Global
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke