Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pria India Jalan Kaki ke Mekkah untuk Haji, Baru Sampai Setahun Kemudian

Shihabudeen Sayid Alawi, juga dikenal sebagai Shihab Chottur, melintasi lima negara, India, Pakistan, Iran, Irak, dan Kuwait, untuk mencapai Makkah dalam satu tahun dan 17 hari.

Dia meninggalkan Kerala pada 2 Juni 2022, dan mencapai Makkah pada 7 Juni.

Dilansir dari Arab News, Shihabudeen Sayid Alawi menempuh jarak 8.640 kilometer, melintasi lima negara dan menerima dukungan dan dorongan yang mengharukan dari masyarakat lokal di sepanjang jalan.

“Itu adalah hari Ramadhan ketika saya berhasil mencapai perbatasan Kuwait-Saudi pada pukul 5:17 pagi. Saya berlutut dan menyentuh pasir Arab Saudi,” kata Alawi.

Alawi pertama kali melakukan perjalanan ke Madinah.

“Saya merasa perjalanan saya selesai begitu saya sampai di Masjid Nabawi. Saya mengunjungi Raudah, dan saya yakin saya akan dapat mencapai Makkah dan menunaikan haji," tambahnya.

Begitu Alawi mencapai Makkah, dia melupakan semua tantangan dan kesulitan yang dia alami selama perjalanan selama setahun.

Dia mengaku berdoa berjam-jam bagi mereka yang memberinya dukungan.

“Saya telah berdoa untuk seluruh umat Islam,” ujarnya.

Berbicara tentang perjalanannya, Alawi berkata bahwa di India dan Pakistan, orang-orang mendukung dan berkumpul di sekitarnya.

"Di Iran dan Irak tidak ada yang mengenali saya, tetapi begitu saya melintasi perbatasan Kuwait, orang-orang yang tahu tentang perjalanan itu mulai menghubungi saya, meminta untuk bertemu dan mendukung saya," ujarnya.

“Di setiap negara yang saya singgahi saya mendapat bantuan dari pejabat, polisi, militer, dan mereka yang mengenali saya, mengundang saya untuk tinggal di rumah mereka," tambahnya.

Ayah tiga putri berusia 31 tahun itu mengatakan dia membutuhkan waktu satu tahun untuk mempersiapkan perjalanan yang sulit.

Untuk memastikan kelancaran akses ke semua negara yang perlu dia lintasi, Alawi mengunjungi misi diplomatik di New Delhi untuk mendapatkan visa.

Traveler minimalis itu membawa tongkat mendaki, dan ransel yang dilengkapi dengan empat item pakaian, semprotan merica untuk melindungi diri dari binatang buas, sepasang sepatu ekstra, perkakas, dokumen resmi, dan sejumlah uang untuk haji.

Selama perjalanan solonya, Alawi kehilangan 18 kilogram. Dia mengatakan dia hanya makan makanan tradisional.

"Mencapai Makkah dan Madinah adalah mimpiku, dan mencapainya dengan langkah kaki adalah tujuanku," tambahnya.

https://www.kompas.com/global/read/2023/06/24/203000170/pria-india-jalan-kaki-ke-mekkah-untuk-haji-baru-sampai-setahun-kemudian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke