Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lagi, Israel Bunuh Warga Palestina di Tepi Barat, Kali Ini 3 Anggota Brigade Martir Al-Aqsa

YERUSALEM, KOMPAS.com - Tiga warga Palestina dilaporkan tewas dalam serangan tentara Israel di Tepi Barat yang diduduki.

Dalam sebuah pernyataan pada Senin (22/5/2023), Kementerian Kesehatan Palestina mengidentifikasi tiga pria yang tewas itu sebagai Muhammad Abu Zaytoun (32), Fathi Abu Rizk (30), dan Abdullah Abu Hamdan (24).

Mereka tewas di kamp pengungsi Balata di Nablus.

Brigade Martir Al-Aqsa mengatakan dalam sebuah pernyataan, bahwa ketiganya termasuk di antara pejuang dari kelompok itu.

Brigade Martir Al-Aqsa adalah sayap bersenjata partai Fatah pimpinan Presiden Palestina Mahmoud Abbas.

Sejumlah saksi mengatakan kepada Kantor berita AFP, bahwa pasukan Israel telah menyerbu beberapa rumah di kamp pada Minggu (21/5/2023) malam untuk memburu orang yang dicari oleh tentara.

"Tembakan dan ledakan keras mengguncang kamp dan sebuah rumah dihancurkan," kata para saksi.

Tepi Barat sendiri adalah wilayah yang telah diduduki oleh Israel sejak Perang Enam Hari pada 1967.

Hampir 3 juta warga Palestina tinggal di sana bersama dengan sekitar 490.000 warga Israel di pemukiman yang dianggap ilegal menurut hukum internasional.

Kematian terbaru terjadi lebih dari seminggu setelah disepekati gencatan senjata Gaza setelah terjadi konflik lintas perbatasan selama lima hari antara Israel dan kelompok militan Jihad Islam.

Sebelumnya, Militer Israel mengeklaim seorang tentara mengalami luka ringan akibat sebuah serangan menabrakkan mobil di kota Huwara Tepi Barat utara dekat Nablus pada Minggu malam.

Menurut mereka, kendaraan tersebut lalu melarikan diri dari tempat kejadian.

AFP melaporkan, ketika hendak dikonfirmasi terkait insiden ini, tentara Israel tidak segera memberi respons.  

Sejak awal tahun ini, setidaknya sudah ada 153 warga Palestina, 20 warga Israel, seorang Ukraina dan seorang Italia yang telah tewas dalam kekerasan terkait dengan konflik Israel-Palestina.

Angka itu adalah hasil dari penghitungan AFP dengan merujuk data dari sumber-sumber resmi dari kedua belah pihak.

Mereka termasuk, pejuang dan warga sipil di pihak Palestina, dan sebagian besar warga sipil dan tiga anggota minoritas Arab di pihak Israel.

https://www.kompas.com/global/read/2023/05/22/170000070/lagi-israel-bunuh-warga-palestina-di-tepi-barat-kali-ini-3-anggota

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke