Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kasus Ebola Sudan di Uganda Menurun 3 Minggu Beruntun

Sejak pengumunan wabah pada 20 September 2022, total 141 kasus dan 55 kematian dikonfirmasi dari virus ebola Sudan (SUDV) yang dilaporkan oleh Kementerian Kesehatan Uganda pada 21 November.

Selain itu, 22 kemungkinan kasus juga dilaporkan sejak awal wabah.

Adapun secara keseluruhan, 19 kasus ebola dengan tujuh kematian terjadi di kalangan petugas kesehatan.

Namun, jumlah kasus mingguan terkonfirmasi yang dilaporkan menurun selama tiga minggu berturut-turut setelah mencapai puncaknya pada 17-23 Oktober 2022.

Selama seminggu mulai 7 November 2022, lima kasus terkonfirmasi dan satu kemungkinan dilaporkan.

Salah satu kasus terkonfirmasi dan satu kemungkinan kematian berasal dari distrik yang baru terkena dampak yaitu Jinja di Wilayah Timur Uganda, yang berjarak 80 km dari Kampala.

Kemudian, kasus terkonfirmasi terbaru dilaporkan oleh Kementerian Kesehatan Uganda pada 14 November 2022 dari distrik Kampala.

Pada Rabu (16/11/2022), WHO mengumumkan bahwa tiga calon vaksin virus ebola yang akan dikirim ke Uganda pada minggu berikutnya untuk uji coba.

"Sejak wabah dimulai, Pemerintah Uganda, bersama para peneliti, penyandang dana, perusahaan, otoritas pengatur, dan pakar lainnya telah bekerja di bawah upaya global yang dikoordinasikan oleh WHO untuk mempercepat pengembangan dan penyebaran vaksin untuk digunakan dalam uji coba," kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

https://www.kompas.com/global/read/2022/11/25/200400170/kasus-ebola-sudan-di-uganda-menurun-3-minggu-beruntun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke