Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

PM Narendra Modi: Presidensi G20 India Akan Berorientasi pada Tindakan

NUSA DUA, KOMPAS.com – Tampuk presidensi G20 secara resmi dipegang oleh India setelah KTT G20 di Bali ditutup oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (16/11/2022).

Sebagai simbol penyerahan estafet presidensi, Jokowi menyerahkan palu sidang kepada Perdana Menteri India Narendra Modi di The Apurva Kempinski, Nusa Dua, Badung, Bali.

Dalam pidatonya, Modi mengatakan bahwa India mengambil alih tampuk kepemimpinan dunia saat dunia bergulat dengan ketegangan geopolitik, perlambatan ekonomi, kenaikan harga pangan, krisis energi, serta efek buruk jangka panjang dari pandemi.

Modi menambahkan, di saat seperti ini, dunia memandang G20 dengan harapan.

“Hari ini, saya ingin memastikan bahwa presidensi G20 India akan inklusif, ambisius, tegas, dan berorientasi pada tindakan,” ujar Modi sebagaimana dikutip dari rilis Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.

“Selama satu tahun ke depan, kami akan berusaha untuk memastikan bahwa G20 bertindak sebagai penggerak utama global untuk membayangkan ide-ide baru dan mempercepat aksi kolektif,” sambung Modi.

Modi menyampaikan selamat kepada Presiden Jokowi atas kepemimpinan yang efisien pada G20, bahkan di masa-masa sulit.

“India akan berusaha untuk memajukan prakarsa terpuji Indonesia selama presidensi G20. Merupakan kebetulan yang sangat menguntungkan bagi India bahwa kami memikul tanggung jawab presidensi G20 di pulau suci Bali ini. India dan Bali memiliki hubungan yang telah lama,” ucap Modi.

Sebelum Modi berpidato, Jokowi berujar bahwa amanah untuk menjaga dan mewujudkan pemulihan global serta pertumbuhan yang kuat dan inklusif kini berada di tangan Modi.

“Saya juga ingin menyampaikan selamat kepada India yang akan melanjutkan kepemimpinan presiden G20 berikutnya,” kata Jokowi.

“Saya yakin di bawah kepemimpinan Perdana Menteri Modi, G20 akan terus bergerak,” imbuhnya.

Jokowi menambahkan, Indonesia siap mendukung kesuksesan presidensi G20 India tahun depan.

“Menandai berakhirnya presidensi Indonesia di G20, secara resmi saya menyerahterimakan tampuk kepemimpinan kepada India selaku presidensi G20 berikutnya,” papar Jokowi.

https://www.kompas.com/global/read/2022/11/17/065800570/pm-narendra-modi-presidensi-g20-india-akan-berorientasi-pada-tindakan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke