Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Makin Banyak, Uni Eropa Siapkan Sanksi Baru untuk Rusia, Buntut Mobilisasi Parsial Putin

BRUSSELS, KOMPAS.com – Uni Eropa akan mempersiapkan sanksi baru terhadap Moskwa sekaligus meningkatkan dukungan militernya ke Ukraina sebagai respons atas mobilisasi parsial di Rusia.

Hal tersebut disampaikan Perwakilan Tinggi Uni Eropa untuk Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan Josep Borrell pada Kamis (22/9/2022).

“Kami akan melanjutkan dan meningkatkan dukungan militer kami, memberikan senjata ke Ukraina,” kata Borell kepada wartawan usai rapat luar biasa antara para diplomat tinggi Uni Eropa di sela-sela Sidang Umum PBB di New York, AS.

Dia menuturkan, Uni Eropa sedang menggodok sanksi baru yang akan dijatuhkan kepada Rusia.

Sanksi tersebut dipersiapkan setelah Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan mobilisasi parsial pada Rabu (21/9/2022) dan upaya referendum di empat wilayah Ukraina untuk bergabung dengan Rusia.

Dia menyebut strategi Putin untuk memobilisasi lebih banyak tentara ke Ukraina sebagai upaya yang tidak bertanggung jawab dalam perdamaian dan keamanan.

Borell berujar, langkah terbaru yang diambil Rusia ini tidak akan mengubah tekad Uni Eropa untuk mendukung Ukraina, sebagaimana dilansir Anadolu Agency.

“Dan dukungan komprehensif kami terhadap kemampuan Ukraina untuk mempertahankan integritas teritorial dan kedaulatannya selama diperlukan,” tutur Borell.

Borell juga menegaskan bahwa Uni Eropa akan terus membiayai pengiriman senjata ke Ukraina melalui skema Fasilitas Perdamaian Eropa.

Menurut outlet berita Politico, rencana sanksi yang direncanakan termasuk membatasi harga minyak Rusia dan melarang impor barang-barang mewah Rusia.

Para pejabat Uni Eropa kemungkinan membahas rincian sanksi terhadap Rusia pada Jumat (23/9/2022).

Sejak awal perang, Uni Eropa telah memberikan bantuan militer senilai total 2,5 miliar euro kepada Ukraina, termasuk senjata mematikan, alat pelindung diri, kotak P3K, dan bahan bakar.

Di sisi lain, sejumlah sanksi yang telah dijatuhkanUni Eropa kepada Rusia meliputi berbagai sektor seperti impor emas, batu bara, dan ekspor barang-barang mewah serta teknologi tinggi.

Uni Eropa juga mengecualikan bank-bank Rusia dan Belarus dari sistem pembayaran internasional SWIFT.

Tak cukup sampai di situ, Uni Eropa juga telah memberlakukan sanksi terhadap sejumlah individu Rusia.

https://www.kompas.com/global/read/2022/09/22/190100870/makin-banyak-uni-eropa-siapkan-sanksi-baru-untuk-rusia-buntut-mobilisasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke