Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

ASEAN: Superman Pun Tak Bisa Selesaikan Krisis Myanmar

Prak Sokhonn merupakan utusan ASEAN untuk menengahi krisis Myanmar. Komentarnya diucapkan pada akhir satu minggu pertemuan para menteri luar negeri Asia Tenggara di Phnom Penh, Kamboja.

Myanmar dilanda kekacauan sejak kudeta pada Februari 2021. Jumlah korban tewas akibat tindakan brutal militer terhadap pengunjuk rasa sejauh ini mencapai 2.100, menurut kelompok pemantau lokal.

Upaya ASEAN yang beranggotakan 10 negara sejauh ini belum membuahkan hasil untuk meredakan krisis Myanmar.

Pada Jumat (5/8/2022), ASEAN dalam pernyataan bersama mengakui kurangnya kemajuan di sekitar lima poin rencana resolusi krisis Myanmar.

Prak Sokhonn yang sudah dua kali ke Myanmar sejak terjadi kudeta, juga tidak bisa memberi jaminan kemajuan besar dalam jangka pendek.

"Saya hanya utusan khusus, saya bukan Superman," katanya kepada wartawan di Phnom Penh, Sabtu (6/8/2022).

"Saya pikir bahkan Superman tidak bisa menyelesaikan masalah Myanmar," lanjutnya dikutip dari kantor berita AFP.

Rencana ASEAN yang disepakati pada April 2021 menyerukan diakhirinya segera kekerasan dan dialog antara militer dan gerakan anti-kudeta.

  • ASEAN Kecam Kurangnya Kemajuan dalam Proses Perdamaian di Myanmar
  • Kunjungan Jokowi ke China Dinilai Cerminkan Netralitas ASEAN
  • Temui Jokowi, Ramos-Horta Berharap Timor Leste Jadi Anggota ASEAN Tahun 2023

"Masalah tidak dapat diselesaikan dengan satu pertemuan, dua pertemuan, pertemuan bertahun-tahun," terang Prak Sokhonn yang juga Menteri Luar Negeri Kamboja.

"Negosiasi memakan waktu bertahun-tahun, seperti masalah di Myanmar. Setelah dua kunjungan utusan khusus, baru dua kunjungan, beberapa orang mulai kehilangan kesabaran dan meminta hasil," tambahnya.

Ia kemudian menyiratkan kemungkinan kunjungan ketiga ke Myanmar pada awal September 2022, tergantung pada kemajuan rencana lima poin.

"Terutama jika--dan saya mengatakannya dengan jelas, di depan umum--jika lebih banyak eksekusi dilakukan, maka segala sesuatunya harus dipertimbangkan kembali," kata Prak Sokhonn.

ASEAN juga menekankan bahwa Prak Sokhonn harus diizinkan bertemu semua pemangku kepentingan yang relevan, menyinggung keputusan junta memblokade akses ke pemimpin terguling Myanmar yaitu Aung San Suu Kyi.

Awal pekan ini, Malaysia yang mendesak tindakan lebih keras, mengindikasikan bahwa Myanmar dapat teranca, penangguhan dari ASEAN jika para negara anggota tidak melihat kemajuan menjelang KTT para pemimpin.

https://www.kompas.com/global/read/2022/08/06/124300970/asean--superman-pun-tak-bisa-selesaikan-krisis-myanmar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke