Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wanita India Ini Bangga Memelihara Kumis: Terserah Orang Komentar Apa

KOMPAS.com - Seorang wanita India yang memilih menumbuhkan kumis menjadi sasaran pujian dan ejekan oleh warganet di dunia maya, namun dia mengaku tak terpengaruh oleh semua sorotan terhadap rambut yang tumbuh di wajahnya.

"Saya suka kumis saya," tulis Shyja, wanita berkumis berusia 35 tahun dalam unggahan status di WhatsApp, di bawah foto dirinya sebagaimana dilansir BBC Indonesia.

Dia kerap mendapat pertanyaan—dari orang-orang yang melihat fotonya di platform media sosial Facebook, atau ketika bertemu langsung dengannya—mengapa dirinya berkumis.

"Yang bisa saya katakan adalah saya menyukainya. Sangat," tuturnya.

Shyja tinggal di Distrik Kannur di Negara Bagian Kerala yang terletak di India bagian selatan.

Seperti perempuan kebanyakan, Shyja punya kumis tipis yang tumbuh di bagian atas bibirnya selama bertahun-tahun.

Kendati dia secara teratur memangkas dan merapikan alisnya, Shyja berkata dia tak pernah merasa perlu untuk mencukur kumis tipis di atas bibirnya.

Alasan di balik sikap Shyja ini sejatinya juga merupakan perjuangannya melawan masalah kesehatan selama bertahun-tahun.

"Setiap kali saya keluar dari ruang operasi, saya berharap saya tidak harus kembali ke ruang operasi lagi," katanya.

Shyja telah menjalani enam operasi selama satu dekade—satu operasi untuk menghilangkan benjolan di payudaranya, yang lain untuk menghilangkan kista di ovariumnya.

Operasi terakhirnya adalah histerektomi yang dilakukan lima tahun lalu.

Sekitar lima tahun lalu itu juga, kumisnya tumbuh semakin tebal seperti layaknya kumis pria, dan Shyja yang memiliki pembawaan ceria memutuskan untuk tetap mempertahankannya.

"Saya tak bisa membayangkan hidup tanpanya sekarang. Ketika pandemi Covid dimulai, saya tak suka mengenakan masker sepanjang waktu karena menutupi wajah saya.”

Banyak orang yang melihat Shyja mendesaknya untuk mencukur kumisnya, namun Shya menolaknya.

"Saya tak pernah merasa saya tidak cantik karena saya memiliki (kumis) ini, atau karena itu adalah suatu hal yang semestinya tak saya miliki," aku Shyja.

Jalani hidup dengan bahagia

Bagi Shyja sendiri, pengalaman begelut dengan berbagai masalah kesehatan selama bertahun-tahun telah memperkuat keyakinannya, untuk menjalani hidup dengan cara yang membuatnya bahagia.

Shyja mengaku dia adalah anak yang pemalu saat beranjak dewasa. Perempuan di desanya hampir tak terlihat di luar rumah setelah pukul 6 sore.

Kendati Kerala adalah salah satu negara bagian paling progresif di India, dengan indikator pembangunan yang tinggi, sikap patriarki tetap ada di sebagian besar wilayah. Para perempuan sering kali tidak disarankan untuk bepergian atau tinggal sendiri.

Ketika dia akhirnya menikah dan pindah ke negara bagian tetangga, Tamil Nadu, Shyja mengatakan dia senang menemukan kebebasan baru.

"Suami saya pergi bekerja dan pulang larut malam. Jadi saya akan duduk di luar rumah di malam hari, kadang-kadang saya berjalan ke toko sendirian di malam hari jika saya membutuhkan sesuatu. Tidak ada yang peduli.

"Seiring saya belajar melakukan semuanya sendiri, itu membangun kepercayaan diri saya," tuturnya, seraya menambahkan bahwa dia mencoba untuk menularkan sikap ini kepada putrinya yang masih remaja.

Keluarga Shyja dan teman-temannya sangat mendukung Shyja untuk terus memelihara kumis. Putrinya bahkan berkata padanya bahwa kumis itu tampak bagus di wajahnya.

Tapi Shyja mengaku kerap mendengar segala macam komentar dari orang-orang yang melihatnya di jalanan.

"Orang-orang mengolok-olok saya dengan mengatakan, 'Pria yang memiliki kumis, mengapa seorang perempuan memilikinya?'" tanya mereka mengejek.

Selama bertahun-tahun, dia beberapa kali muncul dalam laporan media lokal.

Baru-baru ini, katanya, dia melihat beberapa komentar mengejek pada artikel tentang dirinya yang diterbitkan oleh outlet berita lokal di Facebook.

Satu orang bertanya mengapa dia tidak mencukur kumisnya, padahal alisnya telah dirapikan.

"Tapi bukankah itu tentang apa yang saya suka - apa yang harus dipelihara dan apa yang tidak?" tanyanya.

Teman-teman Shyja sering membalas komentar-komentar ini di Facebook dengan marah, tapi Shyja berkata komentar itu tidak mengganggunya sama sekali.

"Bahkan, terkadang saya melihatnya untuk menertawakan mereka."

Melawan norma

Para perempuan kerap kali diberitahu bahwa rambut pada wajah tidak diinginkan dan mereka harus membayar mahal untuk menghilangkannya—atau mengubah bentuknya—secara teratur.

Produk penghilang rambut adalah industri miliaran dolar, mulai dari krim, strip lilin, pisau cukur, dan epilator. Semua ditujukan untuk para perempuan, yang bersedia menggelontorkan uang untuk membayarnya.

Namun dalam beberapa tahun terakhir, banyak perempuan memilih untuk melawan norma dengan menerima dan bahkan bangga dengan rambut di wajah mereka.

Pada 2016, aktivis yang mengampanyekan kepositifan tubuh Harnaam Kaur menjadi perempuan termuda di dunia yang memiliki jambang, menurut Guinness World Records.

Dalam sebuah wawancara, dia sering berbicara tentang bagaimana menerima rambut wajahnya, telah menjadi bagian penting dari belajar mencintai dirinya sendiri dalam menghadapi intimidasi.

Sementara Shyja menegaskan bahwa memelihara kumis bukan tentang membuat pernyataan, tapi itu menjadi bagian dari jati dirinya.

"Saya hanya melakukan apa yang saya suka," katanya.

https://www.kompas.com/global/read/2022/07/25/200300270/wanita-india-ini-bangga-memelihara-kumis--terserah-orang-komentar-apa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke