Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rangkuman Hari Ke-75 Serangan Rusia ke Ukraina, Pidato Hari Kemenangan Putin dan Pertempuran di Timur

Sementara itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky bersumpah akan menang, dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden bakal mempercepat pengiriman senjata.

Dikutip dari AFP, berikut adalah rangkuman invasi Rusia ke Ukraina hari ke-75.

1, Putin: Rusia bela Tanah Air di Ukraina

Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan pidato Hari Kemenangan dalam parade militer raksasa di Moskwa. Dia mengatakan, tidak punya pilihan selain mengirim pasukan ke Ukraina untuk mempertahankan "Tanah Air" Rusia dari ancaman yang sama sekali tidak dapat diterima.

Sempat beredar pekulasi bahwa Putin akan menggunakan peringatan 77 tahun kemenangan Soviet atas Nazi Jerman dalam Perang Dunia II itu untuk memperluas konflik.

Sebaliknya, pemimpin Rusia itu menegaskan perlunya menghindari kengerian perang dunia.

"Kami bangga dengan nenek moyang kami yang bersama-sama dengan negara-negara lain dalam koalisi anti-Hitler mengalahkan Nazisme. Dan kami tidak akan membiarkan siapa pun mencaplok kemenangan ini. Kami tidak akan membiarkannya diambil-alih," katanya.

Zelensky membandingkan invasi Rusia dengan pendudukan Nazi di bagian Ukraina saat ini, dan bersumpah, "Kami menang saat itu. Kami akan menang sekarang."

3. Biden percepat pengiriman senjata ke Ukraina

Presiden Joe Biden menghidupkan kembali tindakan Perang Dunia II yang digunakan untuk mendorong sekutu AS memerangi Nazi Jerman, memungkinkan Washington untuk mempercepat pengiriman senjata ke Ukraina dalam pertempurannya melawan invasi Rusia.

Dia mengatakan, Lend-Lease Act menunjukkan dukungan AS untuk Ukraina melawan perang brutal Putin.

Kyiv menyebutkan, sekitar 1,2 juta warga Ukraina dikirim ke Rusia dan ditempatkan di kamp-kamp.

Juru bicara Pentagon John Kirby menyebut tindakan yang dituduhkan itu tidak masuk akal dan bukan perilaku kekuatan yang bertanggung jawab.

5. Pertempuran berkecamuk di timur

Saat Rusia mencoba merebut wilayah Donbass yang berbahasa Rusia di timur, gubernur wilayah Luhansk, Sergiy Gaiday, mengatakan ada pertempuran yang sangat sengit di sekitar Bilogorivka dan Rubizhne.

Presiden Dewan Eropa Charles Michel terpaksa berlindung ketika rudal menyerang Odessa saat ia melakukan perjalanan mendadak ke pelabuhan Laut Hitam.

Rudal yang kuat menyerang di malam hari, menghancurkan lima bangunan, membakar pusat perbelanjaan, dan melukai dua orang, kata layanan darurat.

6. Badan HAM PBB akan bertemu di Ukraina

Dewan Hak Asasi Manusia PBB mengumumkan akan mengadakan sesi khusus pada Kamis (12/5/2022) untuk membahas dugaan pelanggaran Rusia yang memburuk dalam perangnya di Ukraina.

https://www.kompas.com/global/read/2022/05/10/070822870/rangkuman-hari-ke-75-serangan-rusia-ke-ukraina-pidato-hari-kemenangan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke