Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kunjungi Kyiv, PM Kanada Umumkan Bantuan Senjata Baru untuk Ukraina

KYIV, KOMPAS.com – Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengumumkan bantuan senjata dan peralatan baru untuk Ukraina pada Minggu (8/6/2022).

Hal tersebut disampaikan Trudeau dalam konferensi pers setelah berdialog dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky saat melakukan kunjungan mendadak ke Kyiv.

Trudeau menambahkan, Kanada memberlakukan sanksi baru terhadap sejumlah individu dan entitas Rusia sehubungan dengan invasi Moskwa ke Ukraina.

Selain itu, Kanada juga akan membuka kembali kedutaannya di Kyiv, sebagaimana dilansir Gulf Today.

Trudeau mengatakan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin bertanggung jawab atas kejahatan perang.

“Jelas bahwa Vladimir Putin bertanggung jawab atas kejahatan perang yang keji,” kata Trudeau dalam konferensi pers dengan pemimpin Ukraina.

Dia menambahkan bahwa dirinya telah menyaksikan secara langsung kebrutalan perang ilegal Rusia.

Sebelumnya, pada hari yang sama, Trudeau mengunjungi Irpin, di mana pasukan Rusia dituduh melakukan kekejaman terhadap warga sipil di sana.

Wali Kota Irpin Oleksandr Markushyn mengunggah foto Trudeau di kanal media sosial. Kantor Trudeau mengonfirmasi kunjungan tersebut.

“Perdana menteri berada di Ukraina untuk bertemu dengan Presiden Zelensky dan menegaskan kembali dukungan Kanada yang tak tergoyahkan untuk rakyat Ukraina,” kata Kantor Trudeau.

Markushyn mengatakan, Trudeau telah diberikan tur ke Kota Irpin yang rusak parah oleh pasukan Rusia pada tahap awal invasi yang diluncurkan pada akhir Februari.

Beberapa pemimpin politik Barat termasuk Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres baru-baru ini mengunjungi Irpin dan daerah pemukiman lainnya di sekitar Kyiv di mana pasukan Rusia dituduh membunuh ratusan warga sipil.

Kunjungan Trudeau terjadi pada hari yang sama dengan Ibu Negara AS Jill Biden yang melakukan kunjungan mendadak ke Ukraina.

https://www.kompas.com/global/read/2022/05/09/080100670/kunjungi-kyiv-pm-kanada-umumkan-bantuan-senjata-baru-untuk-ukraina

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke