Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rangkuman Hari Ke-71 Serangan Rusia ke Ukaina, Pertempuran Berdarah nan Sulit di Azovstal, Zelensky Serukan Gencatan Senjata Lebih Lama

Sementara itu, Presiden Zelensky menyebut tidak akan ada kesepakatan gencatan senjata Ukraina tanpa penarikan pasukan Rusia.

Dua hal di atas jadi sejumlah poin penting yang terjadi di hari ke-71 serangan Rusia ke Ukraina.

Dilansir dari Al Jazeera, berikut rangkuman poin-poin lainnya yang menunjukkan bahwa konflik masih berkecamuk dan belum ada tanda-tanda berakhir.

Situasi Perang

- Pasukan Rusia berjuang untuk menguasai benteng terakhir Ukraina di kota Mariupol yang terkepung, kata para pejabat Ukraina.

- Uni Eropa mengusulkan sanksi terberatnya terhadap Moskwa, dengan embargo minyak bertahap.

- Pejuang Ukraina di dalam pabrik baja Azovstal Mariupol sedang berperang dalam "pertempuran berdarah yang sulit" melawan Rusia, kata seorang komandan Ukraina.

- Rusia mengatakan gencatan senjata tiga hari akan dimulai pada Kamis (5/5/2022) di pabrik baja yang dikepung demi memungkinkan warga sipil pergi.

- Lebih dari 300 warga sipil dievakuasi dari Mariupol dan bagian lain Ukraina selatan dalam operasi gabungan Palang Merah PBB, kata PBB.

- Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyerukan gencatan senjata yang lebih lama untuk mengevakuasi lebih banyak warga sipil di Ukraina selatan.

- Amerika Serikat telah memberikan intelijen yang telah membantu pasukan Ukraina membunuh sekitar 12 jenderal Rusia, New York Times melaporkan.

- Angkatan bersenjata tetangga Ukraina, Belarusia, mulai mengejutkan latihan skala besar untuk menguji kesiapan tempur mereka.

- Kementerian pertahanan Inggris mengatakan Rusia mungkin mencoba untuk meningkatkan ancaman yang ditimbulkan oleh latihan militer Belarusia, mendorong pasukan Ukraina ke utara negara itu dan menjauh dari pertempuran di Donbas.

- Rusia juga berusaha meningkatkan tempo ofensifnya di Ukraina timur. Kementerian pertahanan Rusia mengatakan pasukannya telah melumpuhkan enam stasiun kereta api di sana yang digunakan untuk mengirimkan senjata Barat.

Diplomasi

- Kremlin menepis spekulasi bahwa Presiden Vladimir Putin akan menyatakan perang terhadap Ukraina dan mengumumkan mobilisasi nasional pada 9 Mei.

- Presiden Dewan Eropa Charles Michel berjanji untuk meningkatkan bantuan militer UE ke Moldova, tetangga Ukraina yang telah menyaksikan serangkaian serangan di wilayah separatis pro-Moskwa.

Dampak Ekonomi

- Harga minyak melonjak karena usulan larangan UE atas impor minyak Rusia, yang membutuhkan persetujuan negara-negara anggota.

- Kremlin mengatakan sedang mencari berbagai opsi sebagai tanggapan. Jerman mengatakan harga bisa naik jauh.

- Presiden AS Biden mengatakan dia akan berbicara dengan para pemimpin dari ekonomi maju G7 minggu ini tentang lebih banyak sanksi.

- Jumlah orang secara global menghadapi kekurangan makanan yang parah meningkat seperlima menjadi 193 juta tahun lalu.

Perang Ukraina berarti prospek kekurangan makanan akan memburuk, kata PBB.

https://www.kompas.com/global/read/2022/05/06/061200270/rangkuman-hari-ke-71-serangan-rusia-ke-ukaina-pertempuran-berdarah-nan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke