Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

China Alami Wabah Covid-19 Terburuk dalam 2 Tahun, Naik 3.393 Kasus Sehari

Angka tersebut meningkat lebih dari dua kali lipat dibandingkan hari sebelumnya, dan membuat China mengalami wabah virus corona terburuk dalam dua tahun.

Lonjakan kasus Covid China secara nasional membuat pihak berwenang menutup sekolah di Shanghai dan me-lockdown beberapa kota di timur laut. Hampir 19 provinsi mengalami wabah lokal varian Omicron dan Delta.

Kota Jilin lockdown parsial dengan ratusan kawasan ditutup, kata seorang pejabat pada Minggu.

China, tempat Covid-19 kali pertama terdeteksi, terus mempertahankan kebijakan ketat nol-Covid yang diberlakukan dengan penguncian cepat, pembatasan perjalanan, dan pengujian massal ketika klaster kasus muncul.

Namun, lonjakan kasus terbaru didorong oleh varian Omicron yang sangat menular dan lonjakan kasus tanpa gejala menjadi tantangan besar.

Warga Jilin telah menyelesaikan enam putaran pengujian massal, kata pejabat setempat. Pada Minggu (13/3/2022) kota tersebut melaporkan lebih dari 500 kasus varian Omicron.

Sementara itu, kota tetangga yaitu Changchun--basis industri yang dihuni sembilan juta orang--ditutup pada Jumat (11/3/2022).

"(Wabah) mencerminkan bahwa penyebaran varian Omicron tersembunyi, sangat menular, cepat, dan sulit dideteksi pada tahap awal," kata pejabat kesehatan provinsi Jilin, Zhang Yan, pada konferensi pers Minggu (13/3/2022).

"Ini juga mencerminkan peningkatan pesat situasi virus di masing-masing wilayah dan kurangnya kapasitas perluasan sumber daya medis, yang mengakibatkan terbatasnya penerimaan dan perawatan terpusat dalam waktu singkat," lanjutnya dikutip dari AFP.

Media pemerintah melaporkan, Wali Kota Jilin dan kepala komisi kesehatan Changchun diberhentikan dari pekerjaan mereka pada Sabtu (12/3/2022).

Kota-kota kecil Siping dan Dunhua--keduanya di provinsi Jilin--di-lockdown pada Kamis (10/3/2022) dan Jumat (11/3/2022), menurut pengumuman resmi.

Sebelumnya, kota Hunchun yang berbatasan dengan Rusia dan Korea Utara ditutup pada 1 Maret, kata pihak berwenang setempat.

Sebanyak tiga rumah sakit darurat dibangun di kota itu untuk merawat pasien Covid-19, menurut laporan Xinhua pada Sabtu (12/3/2022).

https://www.kompas.com/global/read/2022/03/13/160500170/china-alami-wabah-covid-19-terburuk-dalam-2-tahun-naik-3.393-kasus-sehari

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke