Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menlu Rusia dan Ukraina Akhirnya Akan Bertemu di Turki pada Kamis

ISTANBUL, KOMPAS.com - Para menteri luar negeri dari Ukraina, Rusia, dan Turki dijadwalkan akan bertemu di Turki selatan pada Kamis (10/3/2022).

Turki diketahui telah berusaha untuk menengahi konflik yang terjadi di antara Rusia dan Ukraina, serta menawarkan pada beberapa kesempatan untuk menjadi tuan rumah pembicaraan.

"Insya Allah, kami akan mengadakan pertemuan ini dalam format trilateral di Antalya pada hari Kamis," kata Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu di sela-sela menghadiri forum diplomatik di Turki, Senin (7/3/2022), dikutip dari Anadolu Agency.

Pengumuman pertemuan ini muncul setelah Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengadakan pembicaraan telepon dengan rekan-rekannya dari Rusia dan Ukraina.

"Atas inisiatif Presiden @RTErdogan dan upaya diplomatik intensif kami, Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov dari Rusia & Dmytro Kuleba dari Ukraina telah memutuskan untuk bertemu dengan partisipasi saya di pinggiran @AntalyaDF," cuit Cavusoglu.

"Semoga langkah ini akan membawa perdamaian dan stabilitas," komentarnya.

Turki adalah anggota NATO dan sekutu Ukraina.

Tetapi, Turki berusaha juga untuk menjaga hubungan baik dengan Rusia, yang sangat bergantung pada impor.

Sebelumnya, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyerukan gencatan senjata yang mendesak di Ukraina ketika dia berbicara pada hari Minggu (6/3/2022), dengan Presiden Rusia Vladimir Putin melalui telepon.

Kedua kepala negara itu berbicara menjelang forum diplomatik di Turki pada 11-13 Maret yang rencananya akan dihadiri oleh Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov dan mitranya dari Ukraina.

Turki berharap untuk mengatur pertemuan antara keduanya.

"Gencatan senjata umum yang mendesak akan mempermudah menemukan solusi politik dan menanggapi masalah kemanusiaan," kata Erdogan, dikutip dari AFP.

Dia mendesak Putin untuk mengizinkan penciptaan koridor kemanusiaan "mendesak" di Ukraina, dengan mengatakan dia dan pemimpin Rusia dapat "membuka jalan perdamaian bersama".

https://www.kompas.com/global/read/2022/03/07/194800470/menlu-rusia-dan-ukraina-akhirnya-akan-bertemu-di-turki-pada-kamis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke