Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Helikopter Rusia Masuk Wilayah Udaranya, Jepang Kerahkan Jet Militer

TOKYO, KOMPAS.com – Jepang mengajukan protes diplomatik kepada Rusia pada Rabu (2/3/2022), ketika muncul sebuah helikopter Rusia yang dicurigai memasuki wilayah udara utara Jepang.

Jepang, yang memiliki hubungan bergejolak dan sengketa perbatasan dengan tetangga utama China, Rusia, dan Korea Selatan, secara rutin mengirim jet untuk mempertahankan wilayah udara teritorialnya.

Merujuk data Kementerian Pertahanan Jepang, negara itu dilaporkan telah mengerahkan jet militer sebanyak 49 kali pada Januari 2022, 142 kali pada Desember 2021, dan 127 kali pada November 2021.

Sebagian besar pengerahan jet militer untuk melawan pesawat China yang mendekat, meskipun banyak dari sisanya melibatkan pesawat Rusia.

Dikutip dari AFP, Kementerian Pertahanan Jepang mengatakan dalam sebuah pernyataan singkat, bahwa pada Rabu pagi waktu setempat, satu helikopter Rusia yang dicurigai, terbang ke wilayah udara Jepang di lepas pantai utara pulau Hokkaido.

Angkatan Udara Bela Diri Jepang lantas mengerahkan sejumlah jet militer dan mengeluarkan peringatan kepada helikopter Rusia untuk pergi.

"Kami mengajukan protes kepada pemerintah Rusia hari ini melalui saluran diplomatik dan menyerukan penghentian tindakan semacam itu," kata Juru Bicara Pemerintah Jepang Hirokazu Matsuno dalam pengarahan rutin.

"Aktivitas Rusia yang meningkat di dekat dan di perairan teritorial dan wilayah udara kami mengkhawatirkan," tambahnya.

Media lokal Jepang melaporkan, Kementerian Pertahanan Jepang sedang menganalisis maksud dari penerbangan helikopters tersebut, termasuk apakah itu terkait dengan serangan Rusia di Ukraina.

Jepang, bersama dengan negara-negara G7 lainnya, diketahui telah menekan Rusia atas invasi ke Ukraina, dengan serangkaian sanksi terhadap lembaga keuangan Rusia dan ekspor chip.

https://www.kompas.com/global/read/2022/03/02/164500770/helikopter-rusia-masuk-wilayah-udaranya-jepang-kerahkan-jet-militer

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke