Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pasukan Rusia dan Ukraina Berebut Kharkiv, Jalanan Jadi Medan Perang

Suara tembakan senapan mesin dan ledakan mengguncang Kharkiv, ketika pertempuran jalanan berkecamuk setelah invasi Rusia ke kota itu, menurut laporan wartawan AFP.

Puing-puing kendaraan lapis baja Rusia tampak membara di sebuah jalan dan beberapa lainnya ditinggalkan, kata wartawan AFP.

Kepala administrasi regional Oleg Sinegubov menulis di Facebook, "Kendaraan ringan musuh dari Rusia masuk ke kota." Dia lalu mendesak penduduk untuk tidak meninggalkan tempat perlindungan.

"Angkatan bersenjata Ukraina sedang melenyapkan musuh," tulisnya.

Saat pertempuran berkecamuk di Kharkiv, Pemerintah Kota Kiev yang berjarak 400 kilometer di sisi barat mengatakan, ibu kota Ukraina itu tetap di bawah kendali pasukan Ukraina meskipun ada bentrokan dengan kelompok sabotase.

Kementerian Pertahanan Rusia pada Minggu (27/2/2022) mengeklaim, pasukannya telah mengepung kota Kherson di Ukraina selatan dan kota Berdyansk di tenggara.

"Selama 24 jam terakhir, kota Kherson dan Berdyansk telah sepenuhnya diblokade oleh angkatan bersenjata Rusia," kata juru bicara Kemenhan Rusia Igor Konashenkov.

Dia menambahkan, pasukan Rusia juga menguasai Genichesk kota pelabuhan di pesisir Laut Azov, dan sebuah lapangan terbang di dekat Kherson.

Pada Minggu (27/2/2022) tentara Rusia mengatakan, telah menghancurkan 975 fasilitas militer di Ukraina dan menembak jatuh delapan jet tempur, tujuh helikopter, serta 11 drone.

Konashenkov mengeklaim, prajurit Ukraina meletakkan senjata secara massal.

Sebelumnya pada Sabtu (26/2/2022) dia mengeklaim, pasukan resimen rudal pertahanan udara di dekat Kharkiv secara sukarela meletakkan senjata mereka, dan lebih dari 470 prajurit Ukraina telah ditahan.

Belum ada verifikasi independen atas klaim-klaim ini dan Ukraina menegaskan ada banyak korban di pasukan Rusia.

Presiden Vladimir Putin pada Kamis (24/2/2022) memerintahkan invasi Rusia ke Ukraina.

Pasukan darat Rusia menekan Ukraina dari utara, timur, dan selatan, tetapi menghadapi perlawanan sengit dari pasukan negara tetangganya itu yang mungkin mengejutkan Moskwa, menurut sumber-sumber Barat.

Pada Sabtu (26/2/2022), Moskwa memerintahkan pasukannya untuk maju ke Ukraina dari segala arah. Kremlin mengeklaim Pemerintah Ukraina menolak mengadakan pembicaraan.

Perang Rusia vs Ukraina hingga hari ketiga telah menewaskan 198 warga Ukraina, termasuk tiga anak-anak.

https://www.kompas.com/global/read/2022/02/27/164500970/pasukan-rusia-dan-ukraina-berebut-kharkiv-jalanan-jadi-medan-perang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke