Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Moderna: Vaksin Covid-19 yang Tercemar di Jepang Mengandung Partikel Baja

Moderna menghadapi sorotan besar di Jepang, akibat ratusan ribu dosis vaksin virus corona yang ditangguhkan karena laporan adanya zat asing di dalamnya.

Otoritas "Negeri Sakura" juga sedang menyelidiki kematian dua pria yang menerima dosis dari batch yang tercemar, tetapi penyebab kematian mereka sejauh ini belum diketahui.

Dalam pernyataan bersama dengan mitranya di Jepang, Takeda, Moderna mengatakan bahwa kontaminasi di salah satu dari tiga lot yang ditangguhkan telah ditelusuri sanpai ke lini produksi di pabrik yang dijalankan oleh kontraktor Spanyol, ROVI Pharma Industrial Services.

"Keberadaan partikel baja tahan karat yang langka dalam vaksin Covid-19 Moderna tidak menimbulkan risiko yang tidak semestinya terhadap keselamatan pasien dan tidak memengaruhi manfaat/risiko produk," kata pernyataan itu yang dikutip AFP.

Partikel logam dalam dosis ini yang disuntikkan ke otot dapat menyebabkan reaksi di tempat, tetapi tidak mungkin lebih dari itu, tambahnya.

"Stainless steel secara rutin digunakan pada katup jantung, penggantian sendi dan jahitan logam dan staples."


"Dengan demikian, tidak diperkirakan bahwa injeksi partikel yang diidentifikasi dalam lot ini di Jepang akan mengakibatkan peningkatan risiko medis."

Moderna menambahkan, untuk saat ini tidak ada bukti bahwa kedua kematian terkait dengan pemberian vaksin dan hubungannya saat ini dianggap kebetulan.

Adapun investigasi sedang berlangsung saat berita ini diunggah.

Pekan lalu, Jepang menangguhkan 1,63 juta dosis Moderna di seluruh negeri.

Sekitar 46 persen populasi Jepang telah divaksinasi penuh, ketika negara itu menangani lonjakan rekor kasus virus corona yang didorong oleh varian Delta.

Sementara itu, sekitar 16.000 orang meninggal karena Covid-19 di Jepang, dan sebagian besar negara itu menerapkan pembatasan akivitas yang ketat.

https://www.kompas.com/global/read/2021/09/02/170047870/moderna-vaksin-covid-19-yang-tercemar-di-jepang-mengandung-partikel-baja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke