Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

FBI Berhasil Identifikasi 200 Lebih Orang yang Berencana Mengacaukan Pelantikan Biden

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Lebih dari 200 orang yang mengancam akan mengacaukan pelantikan Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Joe Biden pekan depan sudah teridentifikasi.

Melansir Sky News, Jumat (15/1/2021) Direktur FBI Chris Wry mengatakan bahwa dia dan timnya tengah melacak 'sejumlah besar percakapan daring' termasuk seruan protes bersenjata jelang pelantikan presiden AS terpilih pada 20 Januari mendatang.

Dalam penampilan publik pertamanya sejak kerusuhan 6 Januari di Capitol AS, Wray mengatakan pada pengarahan keamanan untuk Wapres AS Mike Pence bahwa FBI prihatin akan potensi kekerasan pada protes dan demonstrasi di Washington.

Dia juga memperingatkan bahwa orang-orang bersenjata bisa mendekati gedung-gedung pemerintah dan mengancam keselamatan para pejabat terpilih.

Dia mengatakan bahwa FBI menerima sejumlah besar informasi yang diteruskannya ke polisi jelang pelantikan Biden.

"Kami sedang mengamati sosok-sosok yang mungkin ingin mengulangi jenis kekerasan yang sama seperti yang kita saksikan pekan lalu," kata Wray, menambahkan bahwa sejak 6 Januari, FBI telah mengidentifikasi lebih dari 200 tersangka.

Michael Sherwin, Penjabat Pengacara AS untuk Distrik Columbia, mengatakan bahwa dia berharap orang-orang itu dituntut lebih serius dengan mengajukan laporan.

Departemen Kehakiman AS juga masih menyelidiki kerusuhan 6 Januari lalu.

Petugas polisi setempat telah diperingatkan bahwa kerusuhan Capitol kemungkinan akan mengilhami orang lainnya dengan potensi tindakan kekerasan.

Akibat kerusuhan itu, keamanan di "Negeri Paman Sam" telah ditingkatkan.

Pada awal pekan ini saja, buletin FBI mengeluarkan peringatan adanya potensi protes bersenjata yang akan terjadi di 50 negara bagian.

"FBI akan mengoperasikan pos komando sepanjang waktu di markas besarnya dan di setiap kantor lapangan untuk memantau ancaman, berbagi intelijen dan memutuskan bagaimana mengalokasikan sumber daya," pungkas Wray.

https://www.kompas.com/global/read/2021/01/15/214240470/fbi-berhasil-identifikasi-200-lebih-orang-yang-berencana-mengacaukan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke