Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Xi Jinping Kirim Ucapan Selamat dan Pesan Kerja sama Damai kepada Joe Biden

BEIJING, KOMPAS.com - Presiden China Xi Jinping pada Rabu (25/11/2020) memberikan ucapan selamat dan pesan kerja sama kepada Joe Biden sebagai pemenang dari pemilihan presiden AS 2020.

Xi menyampaikan pesan melalui telegram kepada Biden. Pesan ucapan selamat itu datang bersama dengan pesan Xi bahwa kedua negara seharusnya "tidak berpegang pada konflik atau konfrontasi, harus saling menghormati dan memiliki semangat kerja sama untuk kepentingan bersama".

Melansir AFP pada Rabu (25/11/2020), China berharap tindakan tersebut dilakukan untuk mendukung "tujuan mulia", yaitu perdamaian dan pembangunan dunia.

Pesan dari Xi tersebut datang lebih dari 2 pekan setelah beberapa negara besar lainnya memberi selamat kepada Biden.

Di bawah pemerintahan Donald Trump, hubungan AS-China telah terpukul ke titik teredah dalam sejarah, selama beberapa bulan terakhir.

Kedua negara adidaya saling melempar masalah, meliputi berbagai isu mulai dari perang dagang, tuduhan spionase, hak asasi, kebebasan media hingga persaingan terknologi.

Kedua negara telah berulang kali saling menyerang dalam penanganan pandemi virus corona yang mematikan, di mana Washington menyalahkan kurangnya transparansi China selama wabah awal muncul di Wuhan pada akhir tahun lalu.

Xi menambahkan bahwa ke depan diharapkan "perkembangan hubungan AS-China yang sehat dan stabil sesuai dengan kepentingan fundamental kedua bangsa".

Wakil Presiden China Wang Qishan juga mengirimkan pesan ucapan selamat kepada Kamala Harris atas terpilihnya dia sebagai wakil presiden AS, menurut laporan kantor berita Xinhua.

Beijing sebelumnya telah memberikan ucapan selamat yang rendah hati kepada Biden dan Harris pada 13 November, setelah beberapa negara besar memberi selamat kepada presiden terpilih AS itu, atas kemenangannya setelah berhari-hari terjadi kekacauan.

"Kami memahami hasil pemilu AS akan dikonfirmasi berdasarkan hukum dan prosedur AS," kata juru bicara kementerian luar negeri China, Wang Wenbin selama briefing rutin pada saat itu.

Tanggapan media China terhadap kemenangan Biden sejak hasil dikonfirmasi pada awal bulan ini juga sempat dibungkam.

https://www.kompas.com/global/read/2020/11/25/230130470/xi-jinping-kirim-ucapan-selamat-dan-pesan-kerja-sama-damai-kepada-joe

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke