Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kabinet Joe Biden, Pertama Kalinya Wanita Akan Jadi Menteri Keuangan AS

Apabila pilihan di susunan kabinet Joe Biden ini dikabulkan Senat, Yellen akan menjadi wanita pertama yang memimpin Kemenkeu "Negeri Paman Sam".

Wanita berusia 74 tahun itu akan ditugaskan menggerakkan perekonomian AS yang berjuang bangkit dari PHK massal dan perlambatan pertumbuhan akibat pandemi Covid-19.

"Yellen akan menjadi Menteri Keuangan berikutnya, dan dia bisa diumumkan secara resmi paling cepat Selasa (24/11/2020)," kata sumber yang dihubungi AFP dan dikonfirmasi juga oleh The Wall Street Journal.

Pencalonan Yellen didukung oleh anggota sayap kiri dari Partai Demokrat Biden, menurut sumber tersebut, dan membutuhkan konfirmasi Senat.

Yellen membuat gebrakan saat ditunjuk Barack Obama sebagai ketua Federal Reserve pada 2014, posisi yang digulingkan Presiden Donald Trump empat tahun kemudian.

Di The Fed, Yellen dipandang sebagai "merpati" yang cenderung menuju suku bunga rendah untuk mendukung lapangan kerja.


Dia akan menggantikan Steven Mnuchin, dan kemungkinan akan menghadapi kebuntuan selama berbulan-bulan di Kongres atas pengesahan tagihan pengeluaran stimulus baru, dengan asumsi anggota parlemen tidak bertindak sebelum pelantikan Biden pada Januari.

Kepala ekonom di Grant Thornton, Diane Swonk, di Twitter menyebut Yellen sebagai pakar ekonomi yang sangat berbakat dan bertalenta.

"Dia akan menjadi Menteri Keuangan yang hebat pada saat kritis dan menorehkan sejarah," katanya.

Kemudian Presiden Meeschaert Capital, Gregori Volokhine, menyebut Yellen sebagai "teman pasar" karena mendukung pengeluaran lebih lanjut yang akan meningkatkan ekuitas.

"Setelah empat tahun jabatan politik, kita menunjuk para profesional, tak hanya profesional politik tetapi juga profesional dalam pekerjaan," terangnya dikutip Kompas.com dari AFP.

Wakil presiden di masa kepemimpinan Obama yang mengalahkan Trump pada pilpres AS 2020 itu langsung bergerak cepat untuk mengisi slot kunci di kabinet baru Joe Biden.

Sebelumnya pada Senin (23/11/2020), diumumkan bahwa sejumlah penunjukan dilakukan untuk mengisi kabinet Joe Biden, termasuk Antony Blinken sebagai Menteri Luar Negeri AS.

https://www.kompas.com/global/read/2020/11/24/143155570/kabinet-joe-biden-pertama-kalinya-wanita-akan-jadi-menteri-keuangan-as

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke